Jakarta (ANTARA) - Tidak mau kalah dari Samsung dan Huawei yang sudah meluncurkan ponsel lipat tahun ini, Google meski sedikit terlambat, sudah membuat paten untuk perangkat tersebut.

Google membuat paten WIPO dengan nama "Foldable Display Neutral Axis Management With Thin, High Modulus Layer" dengan nomor registrasi US20180356859, seperti yang dimuat di laman patentscope.wipo.int, yang dikutip Minggu.

Abstrak paten tersebut menyebutkan layar lipat (foldable display) memakai panel OLED.

Phone Arena melansir, berdasarkan gambar-gambar yang disediakan, Google akan memakai rancangan lipat berbentuk cangkang kerang, bukan desain model ponsel dilipat seperti buku yang dipakai Huawei dan Samsung.

Ponsel lipat Samsung dan Huawei akan berubah menjadi tablet jika dibuka seperti buku. Gambar paten Google menunjukkan mereka menyiapkan lipatan berbentuk "Z".
 
Rancangan ponsel lipat Google di dokumen paten. (patentscope.wipo.int)


Google mengakui akan sulit membuat lipatan Z, namun mereka menyatakan sudah memiliki solusi agar tablet dapat dilipat menjadi ponsel dengan cara tersebut.

Meski pun sudah mendaftarkan paten mereka untuk teknologi ponsel lipat, tidak berarti Google akan merealisasikan rencana tersebut.

Hingga saat ini Google belum mengumumkan rencana mereka untuk ponsel lipat.

Baca juga: Apple kembangkan teknologi cegah layar ponsel lipat rusak
Baca juga: Motorola siapkan ponsel lipat pertengahan tahun ini
Baca juga: Energizer buat ponsel lipat dan baterai 18.000mAh

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019