Jakarta (ANTARA) - Pertaruhan Indonesia di Swiss Terbuka 2019 akan ditentukan oleh dua wakil pada laga puncak turnamen ini, yaitu melalui pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy-Pitha Haningtyas Mentari dan pasangan ganda putra Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto.

Rinov-Pitha menjadi wakil pertama yang lolos ke babak tersebut dengan menumbangkan wakil Taiwan Lu Ching Yao-Lee Chia Hsin dengan skor 21-13, 19-21, dan 21-9.

Sementara Fajar-Rian yang merupakan unggulan keempat ini mengalahkan Marcus Ellis-Chris Langridge dari Inggris dengan skor 21-16 dan 21-19.

"Di gim pertama kami bisa menerapkan permainan dengan baik. Tapi di gim kedua, lawan menemukan pola main mereka. Pertandingan jadi ramai dan kami kejar-kejaran poin. Alhamdulillah kami bisa menang di poin kritis," ujar Rian seperti dilansir laman PBSI, Minggu.

Sedangkan Fajar, mengatakan bahwa mereka sempat melakukan kesalahan dalam servis sehingga bisa dimanfaatkan lawan untuk mengejar angka.

"Memang tadi banyak masalah di servis, dua kali dinyatakan fault. Kalau soal servis, yang terpenting itu keyakinan, rasa percaya dirinya harus ditingkatkan. Di gim kedua, lawan memang menemukan ritme permainan. Saya sudah mengantisipasi kalau lawan mereka, tidak mau terpancing emosi," tutur Fajar menerangkan.

Di babak final, Fajar-Rian akan berhadapan dengan wakil Taiwan Lee Yang-Wang Chi-Lin, di mana kedua pasangan ini tercatat belum pernah saling bertemu.

"Kebanyakan pemain Taiwan kan pukulannya kencang, kami harus antisipasi pukulan bola panjang mereka. Kami juga akan pelajari permainan mereka karena mereka pasangan baru, kami akan nonton video pertandingan mereka dan diskusi dengan pelatih soal strategi yang akan diterapkan," ujar Rian.

Babak final Swiss Open 2019 akan dilangsungkan pada hari Minggu mulai pukul 12.00 waktu Basel atau sekitar pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Rinov/Pitha hadapi ganda Denmark di final Swiss Terbuka

Baca juga: Tundukkan Wahyu/Ade, Fajar/Rian ke semifinal Swiss Terbuka

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019