counter

Dinkes jamin biaya rujukan pasien bencana banjir bandang

Dinkes jamin biaya rujukan pasien bencana banjir bandang

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr Silvanus Sumule (ANTARA News Papua/Musa Abubar)

Kami sudah memastikan bahwa dari sisi rujukan pasien sudah bisa berjalan dengan baik, hari ini sudah terlaksana dengan baik
Jayapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua menjamin biaya rujukan pasien korban bencana banjir bandang Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, melalui program Kartu Papua Sehat (KPS).

"Kami sudah memastikan bahwa dari sisi rujukan pasien sudah bisa berjalan dengan baik, hari ini sudah terlaksana dengan baik," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr Silvanus Sumule, di Jayapura, Minggu malam.

Menurut dia, seluruh rumah sakit di Jayapura sudah diminta untuk melayani pasien korban bencana banjir bandang Sentani. Sebagian besar pasien sudah mulai dirujuk ke seluruh rumah sakit yang ada di Kota Jayapura.

"Jadi untuk korban bencana banjir bandang semuanya diarahkan ke RS Bhayangkara," katanya.

Sementara kalau untuk pasien-pasien korban banjir Sentani yang trauma berat, ada fraktur dan sebagainya diarahkan di Rumah Sakit Dian Harapan.

"Kalau RS Dian Harapan tidak bisa menangani maka pasien-pasien bisa datang ke RSUD Abepura untuk mendapatkan layanan kesehatan," katanya.

Semua rumah sakit di Jayapura, katanya, bisa melayani kesehatan dan trauma dari pasien-pasien korban banjir bandang Sentani.

Seluruh pasien yang dirujuk, tambah dia, ditanggung oleh program Kartu Papua Sehat (KPS) untuk menanggung pembiayaan kesehatan para pasien korban banjir, baik yang masuk ke rumah sakit mitra maupun ke rumah sakit milik pemerintah.

Baca juga: Dinkes turunkan tim kesehatan layani korban banjir bandang Sentani
Baca juga: Presiden perintahkan penanganan cepat korban bencana Sentani
Baca juga: Keluarga korban banjir bandang berdatangan ke RS Bhayangkara

 

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BNPB akan menata Sentani pascabanjir bandang

Komentar