counter

Formula 1

Vettel akui Ferrari tak punya kecepatan di GP Australia

Vettel akui Ferrari tak punya kecepatan di GP Australia

Pembalap Mercedes Valtteri Bottas memimpin balapan melewati lintasan dengan dua tikungan saat balap mobil Formula One F1 Australian Grand Prix di Sirkuit Grand Prix Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu (17/3/2019). Pembalap Mercedes Valtteri Bottas menjuarai seri pembuka Formula 1 2019 pecundangi rekan setim nya Lewis Hamilton. ANTARA FOTO/AAP/Julian Smith/via REUTERS/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Ferrari gagal menerjemahkan kecepatan mereka pada tes pramusim menjadi hasil podium atau menantang rivalnya, Mercedes, pada seri pembuka Formula 1 2019 di Australia, Minggu.

Sebastian Vettel harus puas finis di peringkat empat dengan selisih 57,109 detik dari juara seri GP Australia, Valtteri Bottas dari tim Mercedes.

"Kami hanya lambat," kata Vettel seperti dikutip laman resmi Formula 1.

"Sangat kurang daya cengkeram. Di Barcelona, kami sangat senang dengan daya tahan ban sejak hari pertama. Keseimbangannya tepat, dan mobil merespon apa yang aku perintahkan dan aku sangat percaya diri," kata juara dunia empat kali itu.

Namun demikian, Vettel, yang mengincar gelar juara GP Australia untuk ketiga kalinya berturut-turut, sudah tidak terlalu senang sejak turun di sesi latihan pertama di Sirkuit Melbourne Grand Prix dan gagal mencatatkan waktu tercepat hingga kualifikasi.

"Di sepanjang akhir pekan, aku simpulkan, aku tidak memiliki kepercayaan diri seperti yang aku punya di Barcelona. Aku tidak memiliki mobil yang bisa aku ajak bermain, dia tidak menuruti apa yang aku mau," kata Vettel.

Baca juga: Mercedes kejutkan rival di kualifikasi GP Australia

Vettel mengaku mobil Ferrari SF90-nya kurang cepat di sejumlah tikungan di balapan tadi. Bahkan pebalap Red Bull Max Verstappen, yang mengawali musim baru dengan mesin Honda, mampu menyalip sang pebalap Jerman dan mengamankan podium ketiga mengikuti Bottas dan Hamilton di tempat pertama dan runner-up.

Kepala tim Ferrari Mattia Binotto belum yakin secara pasti apa penyebab mobil mereka tampil buruk di balapan usai memetik hasil positif di tes pramusim di Barcelona.

"Kami berkutat dengan ban, kami mencoba pendekatan set-up yang berbeda, tapi kami tidak pernah menemukan keseimbangan yang pas," kata Binotto.

"Mobil SF90 juga kurang daya cengkeram," kata dia. "Kami harus kembali menganalisa semua data dan melakukan penilaian tentang apa yang telah terjadi."

Pebalap Ferrari lainnya, Charles Leclerc, finis di peringkat kelima dengan selisih waktu 1,121 detik.

Baca juga: Hasil GP Australia, Bottas juarai seri pembuka F1 2019
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar