counter

Debat Capres

Sandiaga akan seimbangkan infrastruktur dan pembangunan kebudayaan

Sandiaga akan seimbangkan infrastruktur dan pembangunan kebudayaan

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengikuti mengikuti debat capres putaran ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Debat itu mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A./pras.

Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan akan menyeimbangkan pembangunan infrastruktur dengan pembangunan manusia dan kebudayaan.

"Sekarang kita memang melihat prioritas kita ada di infrastruktur, ke depan di bawah Prabowo-Sandi kita akan seimbangkan, pembangunan manusia dan budaya akan diprioritaskan," kata Sandiaga Uno pada debat putaran ketiga di segmen sosial budaya di Hotel Sultan Jakarta, Minggu.

Dia mengatakan, membangun kebudayaan bukan hanya masalah anggaran dan infrastruktur tapi dilihat pada pelibatan semua elemen yang bisa mendukung agar budaya bisa memicu untuk kemajuan Indonesia ke depan

"Saya melihat warisan budaya Indonesia begitu beragam, Bhineka Tunggal Ika juga salah satu warisan budaya kita. Kita melihat bagaimana karya-karya terbaik anak bangsa kita sudah mendunia tinggal kita sekarang bagaimana mengkolaborasikan, jangan semua menjadi tugas pemerintah. Tapi saya yakin kalau kita bicara soal budaya banyak sekali yang ingin membantu," katanya.

Baik dunia usaha, akademisi dan organisasi masyarakat, menurut Sandi mereka juga ingin berkontribusi, karena itu tugas pemerintah adalah membentuk pemerintahan yang kuat dengan keberpihakan yang tegas agar budaya menjadi prioritas utama pembangunan.

Dia mengatakan, anggaran dan infrastruktur memang masih kurang untuk kebudayaan tapi kemitraan menjadi solusi karena ia yakin jika pemerintah berpihak pada pembangunan budaya bisa mengajak banyak sekali pihak lain seperti dunia usaha, akademisi, dan universitas. 

Kurikulum yang mengarahkan minat untuk mencintai kebudayaan juga perlu ditingkatkan, ujarnya.

Dari sisi kebudayaan Sandi yakin akan muncul peluang-peluang ekonomi berbasis kebudayaan yang akan menciptakan begitu banyak lapangan pekerjaan, terkait ekonomi kreatif.

"Di bawah Prabowo Sandi akan kita tingkatkan bukan hanya anggarannya tapi juga wewenangnya untuk mengkolaborasi semua kekuatan yang kita miliki," katanya.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan, budaya kita juga tercermin dalam potensi pariwisata yang dimiliki Indonesia.

"Jika kita melihat sesuatu dalam pandangan yang holistik, komprefensif dimana kita tempatkan pembangunan budaya sebagai prioritas saya semakin yakin Indonesia menang di bawah Prabowo Sandi bukan hanya bisa melestarikan budaya kita tapi juga bisa menciptakan letupan-letupan ekonomi yang akan membuka lapangan kerja untuk anak-anak muda kita," ujar Sandiaga.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan debat capres putaran ketiga dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan serta sosial dan budaya.

Tampil dalam debat putaran ketiga adalah Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 KH Ma'ruf Amin dan Cawapres Nomor Urut 02 Sandiaga Uno.

Pemilihan Presiden 2019 diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.


Baca juga: Jokowi-Ma'ruf janjikan dana abadi kebudayaan
Baca juga: Fokus Prabowo-Sandi bangun kesejahteraan masyarakat Indonesia
 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar