counter

Taliban tangkap 50 personel polisi perbatasan sementara pertempuran meningkat di Afghanistan barat

Taliban tangkap 50 personel polisi perbatasan sementara pertempuran meningkat di Afghanistan barat

Taliban merayakan gencatan senjata di Distrik Ghanikhel di Provinsi Nangarhar, Afghanistan. Gambar diambil pada 16 Juni, 2018. (REUTERS/Parwiz)

Kabul (ANTARA) - Sedikitnya 50 anggota pasukan keamanan Afghanistan telah menyerah ke Taliban dalam pertempuran untuk menguasai Provinsi Badghis di bagian barat negara itu, peristiwa yang telah merenggut cukup banyak korban, kata para pejabat.

Pertempuran di Afghanistan telah meningkat bahkan ketika para pejabat Taliban dan Amerika Serikat menyelesaikan babak paling terbaru dari perundingan perdamaian pada Selasa, yang disebutkan kedua pihak mengalami kemajuan.

Kekerasan di Afghanistan biasanya menunjukkan peningkatan pada musim semi.

Sebanyak 100 personel Afganistan yang merupakan bagian dari kepolisian perbatasan di bawah Kementerian Dalam Negeri berusaha meninggalkan pos-pos mereka ke negara tetangga Turkmenistan pada Sabtu, tetapi mereka dicegah masuk ke negara itu, kata Abdul Aziz Bik, ketua dewan Provinsi Baghdis, pada Ahad.

Sekitar 50 personel polisi perbatasan Afghanistan menyerah, sisanya lagi terus bertempur di distrik Bala Murghab, katanya. Bala Murghab merupakan distrik yang sangat padat di provinsi itu.

"Para tentara ini telah bertempur melawan Talban selama bertahun-tahun dan jika mereka menyerah, mereka akan dibunuh oleh Taliban," kata Bik

Distrik itu berisiko jatuh ke ke tangan Taliban jika pasukan Afghanistan tidak memperoleh tambahan kekuatan di darat dan udara, kata Abdullah Afzali, anggota dewan itu pada Sabtu.

Taliban menyatakan 90 personel polisi perbatasan telah menyerah kepada kelompok militan itu yang mengunggah foto-foto mereka yang ditangkap Taliban dan menambahkan pihaknya telah membunuh banyak lagi. Jamshid Shahabi, juru bicara gubernur Badghis, mengatakan Taliban telah menggelembungkan perkiraan jumlah anggota pasukan yang ditangkap.

Baca juga: Buku baru: mantan pemimpin Taliban hidup di depan mata AS
Baca juga: Pasukan Afghanistan bentrok dengan Taliban berebut pangkalan militer
Baca juga: Taliban katakan AS janji bakal tarik setengah pasukannya di Afghanistan hingga akhir April


Sejauh ini belum jelas berapa banyak personel polisi Afghanistan dan anggota Taliban yang terbunuh atau terluka dalam pertempuran untuk menguasai distrik itu.

Tetapi Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mencuit bahwa serangan-serangan di Bala Murghab telah menimbulkan banyak korban. Dikatakan, pihaknya telah memfasilitasi penyerahan 20 jasad tentara ke Korps Tentara Nasional Afghanistan.

Dalam cuitannya di Twitter, Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan pasukannya telah membunuh 12 anggota Taliban di Bala Murghab, sebagai bagian dari operasi di seluruh 10 provinsi selama 24 jam sebelumnya. Seorang jubir kementerian itu tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Distrik Bala Murghab telah menjadi medan tempur dalam beberapa bulan belakangan. Taliban membunuh 20 serdadu Afghanistan dan menangkap 20 lagi kurang dari sepekan lalu.

Sumber: Reuters

Pewartawa: Mohamad Anthoni

Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar