Jakarta (ANTARA) - Richard Erdman, aktor senior yang berperan sebagai mahasiswa lanjut usia bernama Leonard di serial "Community" tutup usia.

Pria yang juga membintangi serial televisi "Twilight Zone" dan "Stalag 17" itu meninggal pada usia 93 tahun, Sabtu (16/3), demikian seperti dikutip dari laman Variety, Minggu (17/3).

Kematiannya dikabarkan sahabatnya, seorang sejarawan film Alan K Rode lewat Twitter.

Bintang "Community" Joel McHale menyampaikan penghormatannya bagi Erdman di Twitter. "Orang yang baik dan lucu. Kami akan merindukanmu 'Leonard'," katanya.

Aktris "Community" Yvette Nicole Brown juga mencuit kata-kata perpisahan untuk sang aktor. Ia menyebut Erdman adalah kegembiraan.

Sementara itu, komedian dan aktor "Community" Ken Jeong menyampaikan duka lewat Facebook.

"Terima kasih Richard Erdman sudah memberkati kami dengan kecerdasan mu. Baik, lembut dan pemberani. Sukses di tiap pengambilan adegan. Selalu membuat ku tertawa terbahak-bahak."

Karir Richard Erdman dimulai sekitar tahun 1940-an lewat sejumlah komedi dan musikal. Pada 1953 dia bermain di komedi perang Billy Wilder "Stalag 17", dsebagai ketua barak Sersan Hoffy Hoffman.

Lahir di Oklahoma, Erdman besar di Colorado Springs sebelum pindah ke Hollywood di mana dia masuk SMA Hollywood High dan kemudian dengan cepat ditemukan oleh pencari bakat dan dikontrak Warner Bros.

Dia mulai muncul di TV awal 1950-an lewat "Where's Raymond?", "Alfred Hitchcock Presents" dan "Make Room for Daddy."

Sementara suaranya mengisi sejumlah film mulai dari "The Smurfs", "Scooby-Doo" dan "Duck Tale."

Istri dan putrinya sudah meninggal lebih dulu, demikian seperti dilansir The Verge.
 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019