Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan hibah dua jembatan rangka baja dan perbaikan jalan yang terkena abrasi di Kabupaten Bengkulu Utara.

“Perbaikan jembatan dan penanganan jalan yang terkena abrasi merupakan perintah Presiden Joko Widodo yang sebelumnya melakukan kunjungan ke Bengkulu tanggal 15 Februari 2019 lalu untuk mendukung peningkatan infrastruktur dasar di Provinsi Bengkulu sehingga bisa terlepas dari keterisolasian wilayah,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Basuki menjelaskan bahwa di ruas jalan tersebut terdapat sekitar lima titik jalan yang berada dekat laut yang rawan longsor terkena abrasi.

"Kami akan perbaiki karena menjadi akses lalu lintas bagi sembilan desa yang ada di sini tidak perlu direlokasi karena tidak gampang bagi orang untuk meninggalkan tanah kelahirannya, karena saya pernah merasakan itu, saya tidak punya kampung halaman," ujarnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo meninjau salah satu lokasi pembangunan jembatan di Desa Wono Harjo, Kecamatan Giri Mulya, Kabupaten Bengkulu Utara. Lokasi jembatan lainnya yang akan diperbaiki berada di Desa Kota Lekat Kecamatan Hulu Palik.

Menteri Basuki kemudian meninjau ruas jalan Pantai Barat Sumatera yang menghubungkan Bengkulu dengan Kecamatan Ketahun yang terkena abrasi. Abrasi mengakibatkan jalan amblas sepanjang 15 meter setinggi sekitar 10 meter.

Penanganan abrasi akan dilakukan dengan membuat semacam rabat dengan batu besar yang susun untuk menahan abrasi terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan perbaikan jalan.

Diharapkan dengan adanya bantuan pembangunan jembatan, akses keluar masuk desa maupun membawa keluar komoditas pertanian menjadi lebih mudah. Sehingga ekonomi desa menjadi tumbuh lebih cepat.

“Program pembangunan desa tidak optimal apabila produk-produk yang dihasilkan tidak bisa dibawa keluar akibat ketiadaan akses jalan,” kata Menteri Basuki.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019