Jakarta (ANTARA) - Smartphone mendatang mungkin sudah menggunakan RAM 12GB karena Samsung Electronics sudah memulai produksi massal RAM ponsel berkapasitas sebesar itu yang diklaim lebih hemat daya.

RAM LPDDR4X itu memungkinkan pengguna ponsel cerdas bisa mengambil keuntungan penuh dari semua fitur pada smartphone mendatang.

"Dengan produksi massal LPDDR4X baru, Samsung sekarang menyediakan jajaran memori canggih yang komprehensif untuk mendukung era baru ponsel cerdas, dari DRAM ponsel 12GB hingga penyimpanan eUFS 3.0 512GB," kata Sewon Chun, wakil presiden eksekutif pemasaran memori di Samsung Electronics.

"Selain itu, dengan LPDDR4X, kami memperkuat posisi kami sebagai pembuat memori seluler premium yang diposisikan terbaik untuk mengakomodasi permintaan yang berkembang pesat dari produsen smartphone global,” kata Chun dalam pernyataan resmi Samsung, dikutip Senin.

Dengan RAM seluler 12GB, produsen ponsel pintar bisa memaksimalkan potensi perangkat yang bisa menggunakan lima kamera dan ukuran layar yang terus meningkat, berteknologi kecerdasan buatan (AI), dan kemampuan koneksi 5G.

Untuk pengguna ponsel cerdas, DRAM 12GB memungkinkan lebih banyak pekerjaan multitasking dan lebih cepat saat mereka menavigasi melalui segudang aplikasi pada layar resolusi tinggi ultra-besar. Selain itu, dengan ketebalan hanya 1,1 milimeter memungkinkan desain smartphone yang lebih ramping.

Kapasitas 12GB dicapai dengan menggabungkan enam chip LPDDR4X 16-gigabit (Gb) berdasarkan proses kelas-10nm (1y-nm) generasi kedua ke dalam satu paket tunggal, memberikan lebih banyak ruang untuk baterai ponsel pintar.

Dengan menggunakan teknologi 1y-nm Samsung, memori seluler 12GB yang baru memberikan kecepatan transfer data 34,1GB per detik sambil meminimalkan peningkatan konsumsi daya yang tak terhindarkan disebabkan oleh peningkatan kapasitas DRAM.

Sejak memperkenalkan DRAM seluler 1GB pada tahun 2011, Samsung terus mendorong terobosan kapasitas di pasar DRAM seluler, bergerak dari 6GB (pada 2015) dan 8GB (2016) menjadi LPDDR4X 12GB pertama saat ini.

Dari pabrik memori mutakhir di Pyeongtaek, Korea, Samsung berencana untuk meningkatkan lebih dari tiga kali lipat suplai DRAM mobile 8GB dan 12GB berbasis 1y-nm selama paruh kedua 2019 untuk memenuhi permintaan tinggi.



Baca juga: Samsung siapkan memori ponsel 1 terabyte generasi baru

Baca juga: Selain didukung 5G, Xiaomi Mi Mix 3 bakal diperkuat RAM 10GB

Baca juga: Razer Phone meluncur, ponsel game dengan RAM 8GB

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019