counter

Turki, Iran lancarkan operasi gabungan lawan gerilyawan PKK

Turki, Iran lancarkan operasi gabungan lawan gerilyawan PKK

Tank tentara Turki mengambil posisi di atas sebuah bukit di dekat perbatasan Mursitpinar di kota Suruc, provinsi Sanliurfa, Turki, Sabtu (11/10). Seorang militan Kurdi mengancam Turki dengan revolusi Kurdi yang baru apabila mereka tetap bertahan dengan kebijakan non-intervensi saat ini dalam pertempuran di kota Kobani. Pasukan Kurdi bersekutu dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), Unit Pertahanan Rakyat (YPG), berjuang melawan pemberontak Negara Islam yang menyerang Kobani di dekat . Sementara itu Turki tampak enggan untuk membuka perbatasannya untuk mengizinkan pengiriman persenjataan kepada tentara Kurdi yang kekurangan senjata. (REUTERS/Umit Bektas)

Jakarta (ANTARA) - Turki dan Iran melancarkan operasi gabungan melawan gerilyawan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang dilarang pada Senin, demikian informasi dari media milik negara yang mengutip Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu.

"Kami mulai melancarkan operasi gabungan dengan Iran untuk melawan PKK di perbatasan timur kami pagi ini (dan) akan mengumumkan hasilnya," kata Soylu seperti yang dikutip Kantor Berita Anadolu. Lembaga penyiaran negara TRT Haber juga mengutip komentarnya mengenai operasi tersebut.

Militer Turki kerap melancarkan serangan udara terhadap geilyawan PKK di Irak Utara dan menggelar operasi penangkapan terhadap terduga anggota kelompok tersebut di Turki. PKK dianggap sebagai kelompok teroris oleh sejumlah negara seperti Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Sumber: Reuters

Baca juga: Presiden Erdogan: demi keutuhan wilayah Suriah, PYD/Ypg harus pergi
Baca juga: Presiden Erdogan: Turki akan buru semua kelompok teror

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ratusan pencari suaka di Pekanbaru lakukan aksi damai

Komentar