Jakarta (ANTARA) - Legenda tim nasional Indonesia Peri Sandria mengatakan, tiga pemain dari klub luar negeri di timnas U-23 Indonesia Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri dan Ezra Walian harus bisa beradaptasi dengan skuat berjuluk Garuda Muda.

"Tentu butuh adaptasi karena cara latihan di luar negeri dan di Indonesia berbeda. Memiliki kemampuan yang bagus tetapi tidak bisa berbaur dengan tim, ya, tentu akan sulit," ujar Peri di Jakarta, Senin.

Jika sudah dapat menyesuaikan diri, penyerang timnas Indonesia periode 1990-an itu menilai baik Egy (bermain di klub Lechia Gdansk, Polandia), Ezra (RKC Waalwijk, Belanda) maupun Saddil (Pahang FA, Malaysia) dapat memberikan dampak yang bagus untuk timnas U-23 yang akan berlaga kualifikasi Piala U-23 Asia 2020 di Hanoi, Vietnam, pada 22-26 Maret 2019.

Hal itu dinilai dapat meningkatkan moral para pemain lainnya.

"Kehadiran mereka di tim akan menjadi motivasi untuk pemain lain," kata Peri.

Legenda timnas Indonesia lainnya, Robby Darwis mengamini pandangan Peri, rekan satu timnya saat Indonesia meraih medali emas sepak bola SEA Games 1991.

Menurut Robby, tiga pemain luar negeri memang dapat meningkatkan kualitas tim, tetapi harus diwaspadai dampak kedatangan mereka di skuat.

Apalagi, baik Egy, Ezra maupun Saddil tidak menjadi bagian dari timnas U-23 ketika menjuarai Piala U-22 AFF 2019 di Kamboja pada akhir Februari lalu.

"Yang jelas, kan, pemain dari luar negeri dijamin masuk skuat inti timnas U-23. Jadi ditakutkan mereka yang sudah bermain bagus di Piala AFF itu jadi 'down' karena itu. Di sinilah peran pelatih Indra Sjafri untuk bisa menyeimbangkan tim," tutur Robby.

Kualifikasi Piala U-23 Asia tahun 2020 pada 22-26 Maret 2019 berlangsung di Hanoi, Vietnam.

Di fase kualifikasi ini, Indonesia bakal menghadapi tuan rumah Piala Asia U-23 2020 Thailand, Brunei Darussalam, serta tuan rumah kualifikasi Vietnam di Grup K.

Pelatih timnas U-23 Indra Sjafri sudah menetapkan 24 pemain untuk kompetisi tersebut, termasuk tiga orang pemain dari luar negeri yaitu Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri dan Ezra Walian.

Baca juga: Peri Sandria sampaikan saran untuk 'striker' timnas U-23 Indonesia

Mereka sudah diturunkan ketika timnas U-23 menghadapi Bali United di laga persahabatan yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (17/3).

Dalam pertandingan yang dimenangkan skuat Garuda Muda dengan skor 3-0 itu, Ezra menyumbangkan satu gol dan Egy menorehkan satu assist untuk gol Witan Sulaeman. 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019