counter

Ridwan Kamil cerita kekecewaannya saat belanja daring

Ridwan Kamil cerita kekecewaannya saat belanja daring

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito (kiri) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) dan Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono (kedua kiri) meninjau stan pameran saat peringatan Hari Konsumen Nasional di halaman Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/3/2019). Peringatan Hari Konsumen Nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemberdayaan konsumen. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau biasa disapa Emil menceritakan kekecewaanya saat berbelanja batik secara daring (dalam jaringan /online).

Dia mengatakan hal itu di sela Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019 di depan Gedung Sate Bandung, Selasa.

Suatu kala, ujarnya, ia berselancar di dunia maya untuk berbelanja daring dan memutuskan untuk membeli sebuah batik dengan harga Rp170 ribu.

Saat batik pesanannya sampai ternyata desain baju batik yang diterimanya berbeda dengan yang ditampilkan di toko online

"Bahkan bisa dikatakan cacat karena tidak laik pakai. Jadi gambar di toko online, batiknya punya lingkaran keren namun saat barangnya datang, ada jahitan nyengsol (miring)," kata dia.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini berharap para produsen atau penjual bisa memenuhi hak-hak konsumen, terutama untuk menerima komplain.

Ia mengatakan pengalamannya tersebut bisa jadi hanya salah satu dari ribuan kisah kekecewaan warga lainnya saat belanja secara daring,

Menurut dia, hal ini menandakan konsumen selalu mencari proses pembelian yang mudah namun untuk  memastikan kualitasnya hanya dengan  berbekal keyakinan dan kepasrahan kepada penjual karena sulitnya komplain.

Dia berharap, baik perdagangan konvensional maupun daring seharusnya sama-sama memperhatikan hak konsumen. 

Baca juga: Konsumen harus cerdas belanja daring
Baca juga: Sofyan Djalil minta Kemendag penjarakan produsen nakal

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Hujan batu rusak rumah warga Purwakarta, Ridwan Kamil minta usut

Komentar