Pawai ta'aruf merupakan kegiatan rutin guna menanamkan semangat mengikuti serangkaian acara dan perlombaan STQ.
Sungailiat (ANTARA) - Sebanyak 250 peserta dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti pawai ta'aruf pada acara seleksi Tilawatil Quran (STQ) XI.

Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Selasa saat melepas pawai yang diikuti oleh 250 peserta perwakilan dari delapan kecamatan mengatakan, pawai ta'aruf merupakan kegiatan rutin  guna menanamkan semangat mengikuti serangkaian acara dan perlombaan STQ.

"STQ XI yang dijadwalkan mulai 19 sampai 23 Maret 2019 merupakan salah wadah dan pembinaan umat yang bertujuan untuk membumikan kitab suci Al Quran," katanya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Paidi mengatakan, sesuai dengan ketentuan dari Menteri Agama untuk tahun 2019 pelaksanaan STQ dan hafalan hadist.

"STQ tahun 2019, ada tambahan menjadi STQ dan hafalan hadist khusus STQ ada materi baru sesuai ketentuan dari pusat," katanya.

Menurut Paidi, STQ selain bagian dari syiar Islam, juga mendorong minat bagi para generasi muda untuk rajin membaca, menghapalkan Al Quran dan mengamalkannya.

"Melalui STQ dapat mendorong minat generasi muda, untuk rajin membaca, menghapal dan lebih jauh mengamalkan Al Quran serta menjadi syiar untuk memberikan pemahaman kepada umat bahwa itu betul-betul sebagai kitab suci, pantas dan wajar bahkan wajib untuk memahaminya, menghidupkan ruh Al Quran itu kepada seluruh komponen masyarakat," jelasnya.

Ia menambahkan Al Quran sebagai kitab suci, panduan, pegangan hidup umat Islam dan juga sekarang STQ ditambah lagi dengan hafalan hadist, itu sesuai dengan pesan Rasulullah, yakni umatku tidak akan sesat selama mereka berpegang pada Al Quran dan hadist.

Pewarta: Kasmono
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019