Untuk kurikulum kami sudah sepakat untuk PTNmaupun swasta tidak ada perbedaan, semua sama. Bahkan dosen swasta bisa mengajar ke negeri dan dosen negeri bisa mengajar ke swasta
Jakarta (ANTARA) - Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Pancasila Jakarta, Ade Saptono menyatakan akan melakukan komunikasi dengan sejumlah dekan FH di perguruan tinggi negeri (PTN) guna meningkatkan kualitas calon notaris.

"Nantinya akan kita godok bersama-sama bagaimana meningkatan kualitas calon notaris tersebut," kata Ade usai penandatangan MoU antara FH Universitas Pancasiladengan Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PPINI) di Ruang Nusantara FHUP Jakarta, Selasa.

Ade mengatakan akan membuat kebijakan bahwa semua dekan yang mempunyai Program Studi Kenotariatan berkumpul membahas berbagai persoalan untuk meningkatkan lulusan kenotariatan tersebut.

"Untuk kurikulum kami sudah sepakat untuk PTN maupun swasta tidak ada perbedaan, semua sama. Bahkan dosen swasta bisa mengajar ke negeri dan dosen negeri bisa mengajar ke swasta," katanya.

"Ini semua untuk mengurangi disparitas lulusan kenotariatan," tambahnya.

Sedangkan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PPINI) Yualita Widyadhari mengakui adanya disparitas yang jauh di antara sumber daya manusia bidang notaris sehingga perlu dilakukan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Dari puluhan perguruan tinggi yang meluluskan notaris tidak ada yang sama dalam standar kelulusannya. Ada yang bagus tapi juga ada yang jauh di bawah standar," kata Yualita.

Untuk itu pihaknya menggagas kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi untuk bersama-sama membuat nota kesepahaman yang isinya antara lain menyampaikan kurikulum-kurikulum yang penting yang perlu dilaksanakan di perguruan tinggi.

"Selain itu kami menyiapkan dosen-dosen dari PPINI yang berkualitas sehingga dengan demikian lulusan dari perguruan tinggi tersebut betul-betul lulusan yang sudah siap untuk dibina untuk menjadi notaris yang juga berkualitas," katanya.

Baca juga: PPINI : ada disparitas tinggi diantara sdm notaris

Baca juga: Indonesia akan gelar kongres notaris dunia

Baca juga: MA kabulkan uji materi Permenkumham Pengangkatan Notaris

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019