...kami memperkirakan Fed akan mengakhiri peluncuran neraca pada Juni, sekitar 3,85 triliun dolar AS
Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Asia turun tipis ketika mengawali perdagangan yang berhati-hati pada Rabu pagi, bertahan dekat tertinggi enam bulan di tengah harapan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve (Fed) akan tetap berpegang pada sikap dovish dan mengungkap rencana untuk menghentikan pemotongan kepemilikan obligasi tahun ini.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang, berdetak turun 0,1 persen dari level tertinggi enam bulan yang tersentuh hari sebelumnya. Indeks Nikkei Jepang juga turun 0,1 persen.

Saham-saham Wall Street beragam tipis pada Selasa (19/3), dengan S&P 500 kehilangan 0,01 persen dan Nasdaq bertambah 0,12 persen.

Bank Sentral AS yang sedang menyelesaikan kajian kebijakan dua hari pada Rabu, diharapkan akan menurunkan proyeksi suku bunga para pembuat kebijakan dari Desember, ketika ekspektasi median mereka adalah untuk dua kenaikan suku bunga tahun ini.

Sejak awal tahun, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan bank sentral akan sabar -- diartikan sebagai kata sandi untuk menunda kenaikan suku bunga -- karena tanda-tanda perlambatan pertumbuhan ekonomi  AS dan banyak bagian dunia lain.

Pasar-pasar keuangan telah melangkah lebih jauh dengan menetapkan harga dalam pemotongan suku bunga tahun ini. Fed Fund berjangka menunjukkan peluang sekitar 30 persen dari pemotongan hingga akhir tahun.

The Fed juga diperkirakan akan mengeluarkan rencana untuk menghentikan penyusutan neraca keuangan senilai 4 triliun dolar AS, atau yang disebut pengetatan kuantitatif. Banyak pembuat kebijakan telah menyatakan Fed kemungkinan akan menghentikan proses dan menstabilkan kepemilikan obligasi pada akhir tahun ini.

"Saya pikir konsensus pasar berpusat pada akhir September, tetapi kami memperkirakan Fed akan mengakhiri peluncuran neraca pada Juni, sekitar 3,85 triliun dolar AS, berdasarkan perhitungan kami pada jumlah kelebihan cadangan yang dibutuhkan Fed," kata Kepala Strategi Ekonomi Makro HSBC Securities, Shuji Shirota, di Tokyo, Jepang.

Ekspektasi Fed yang dovish telah menekuk dolar AS, yang telah berada di bawah tekanan tahun ini setelah Powell semuanya memberi sinyal jeda pada siklus pengetatan pada pertemuan sebelumnya.

Indeks dolar AS terhadap sekeranjang enam mata uang utama mencapai terendah 2,5 minggu di 96,288 pada Selasa (19/3) dan terakhir berdiri di 96,390.

Euro diperdagangkan pada 1,1354 dolar AS, dekat tertinggi dua minggu pada Selasa di 1,1362 dolar AS. Dolar AS diambil 111,41 yen, tergelincir dari tertinggi sembilan hari pada Jumat (15/3) di 111,90 yen. Pound Inggris tetap menjadi sandera berita utama di Brexit.

Perdana Menteri Theresa May diperkirakan akan meminta Uni Eropa untuk menunda Brexit setidaknya tiga bulan, setelah rencananya untuk mengadakan pemungutan suara ketiga atas kesepakatannya dilemparkan ke dalam kekacauan oleh intervensi mengejutkan dari ketua parlemen.

May sebelumnya telah memperingatkan parlemen bahwa jika parlemen tidak meratifikasi kesepakatannya, dia akan meminta untuk menunda Brexit setelah 30 Juni, sebuah langkah yang dikhawatirkan pendukung Brexit akan membahayakan seluruh perceraian.

Di sisi lain, Kepala Negosiator Uni Eropa, Michel Barnier mengatakan perpanjangan hanya akan masuk akal jika meningkatkan kemungkinan kesepakatan May diratifikasi oleh parlemen Inggris.

Sterling terakhir berdiri datar di 1,3265 dolar AS, mundur dari puncaknya sembilan bulan di 1,3380 dolar AS yang dicapai seminggu lalu.

Pelaku pasar berpegang pada harapan kesepakatan perdagangan antara Washington dan Beijing karena para pejabat dari kedua belah pihak tetap terkunci dalam negosiasi.

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin berencana untuk melakukan perjalanan ke China minggu depan, untuk putaran pembicaraan perdagangan dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He, seorang pejabat pemerintahan Trump mengatakan pada Selasa (19/3).

Harga minyak bertahan mendekati level tertinggi empat bulan di tengah ekspektasi bahwa OPEC akan melanjutkan pengurangan produksi hingga akhir tahun, dan setelah data dari American Petroleum Institute (API) menunjukkan penurunan mengejutkan pada persediaan minyak mentah.

Minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) berdiri datar di 59,02 dolar AS per barel setelah menyentuh tertinggi sejak November di 59,57 dolar AS pada Selasa (19/3).

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019