Informasinya mereka siap menginvestasikan anggaran sekitar Rp300 miliar di Pelabuhan Panasahan
Painan (ANTARA) - Kementerian Perhubungan menganggarkan Rp39 miliar guna mempercepat pengembangan Pelabuhan Panasahan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada tahun ini.

"Tahun ini pusat menganggarkan Rp39 miliar untuk membangun berbagai infrastruktur di Pelabuhan Panasahan," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Rabu.

Dikatakannya, pihaknya mendukung percepatan realisasi anggaran tersebut, untuk itu ia berupaya secepatnya membebaskan tanah seluas 12 hektare di sekitar pelabuhan.

Selanjutnya setelah semuanya berjalan sesuai rencana, pemerintah kabupaten setempat akan menjalin kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia dalam pengelolaan pelabuhan.

"Informasinya mereka siap menginvestasikan anggaran sekitar Rp300 miliar di Pelabuhan Panasahan," ujarnya.

Ia menyebutkan dengan beroperasinya Pelabuhan Panasahan maka bisa dimanfaatkan untuk pengapalan minyak sawit mentah atau crude palm oil di daerah setempat dan daerah terdekat.

"Jika sudah dioperasikan pengapalan CPO yang berasal dari Pesisir Selatan dan daerah terdekat tidak perlu lagi ke Pelabuhan Teluk Bayur. Hal ini akan mendatangkan banyak manfaat mulai dari memangkas biaya transportasi, meminimalkan kerusakan jalan akibat truk pembawa CPO dan lainnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan setempat, Gunawan, menyebutkan saat ini pihaknya tengah mengebut penyelesaian detail enginering design (DED) dan masterplant pembangunan Pelabuhan Panasahan.

Menurut dia, di Pelabuhan Panashan nantinya juga akan dibangun kawasan pergudangan, perkantoran serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution dan Didi Someldi Putra
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019