Karawang (ANTARA) - PT Philip Morris Indonesia,  perusahaan pemegang saham mayoritas PT HM Sampoerna melakukan ekspor perdana sembilan juta batang rokok premium ke Pasar Duty Free Jepang.

"Ada satu kontainer yang dilepas dalam ekspor perdana ini," kata Direktur Utama PT Philip Morris Indonesia Ahmad Mashuri saat pelepasan ekspor perdana rokok di kawasan pabrik rokok Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis.

PT Philip Morris Indonesia melakukan ekspor setelah ditunjuk oleh PT Philip Morris Internasional. Sasaran ekspor ialah ke pasar Duty Free Jepang yang sebelumnya diisi oleh produk sejenis produksi Philip Morris Serbia.

Ia mengatakan ekspor ini penting karena konsumen Jepang memiliki ekspektasi standar kualitas yang sangat tinggi dibandingkan negara lain. Hal itu juga berlaku dalam produk tembakau yang mereka konsumsi.

"Ekspor perdana ini adalah rokok premium, yakni Marlboro L&M," kata dia.

Ia berharap  kegiatan ekspor tetap mudah dengan didukung regulasi sehingga pihaknya akan tetap kompetitif dalam produksi rokok.

Pelepasan satu kontainer berisi sekitar 9 juta batang rokok di Karawang disaksikan oleh Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Nirwala Dwi Heryanto, Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kemenperin Abdul Rochim, Kepala Kanwil Ditjen Bea Cukai Jabar Saipullah Nasution, Dirut PT Philip Morris Indonesia Ahmad Mashuri, serta Direktur Urusan Eksternal Sampoerna Elvira Lianita.  (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019