Bandung (ANTARA) - Sekretaris Daerah Jawa Barat (Sekda Jabar) Iwa Karniwa mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jabar akan membangun 20 jembatan penghubung desa selama 2019.

"Selain mempermudah akses transportasi antardesa, jembatan juga berperan dalam menekan inflasi dengan melancarkan perpindahan orang dan barang," kata Iwa Karniwa saat membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa se-Jabar, di Bandung, Kamis.

Iwa mengatakan ke-20 jembatan yang akan dibangun ini merupakan bagian dari 54 usulan permintaan jembatan penghubung desa yang diutamakan pembangunannya, yang didominasi oleh desa-desa di Jawa Barat bagian selatan dan Cirebon.

"Pak Kadis (DPMDesa Jabar) sudah mengidentifikasi keliling terus, sampai saat ini ada 54 jembatan desa yang kita akan coba usahakan, karena sangat penting untuk menyelenggarakan infrastruktur yang paling dasar untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Terkait anggaran pembangunan jembatan tersebut, dia mengatakan rata-rata berkisar Rp200 juta setiap jembatan.

Ia menambahkan, pihaknya akan mencari dana CSR (corporate social responsibility) dari perusahaan untuk membantu tambahan pembangunan jembatan, mengingat dana dari APBD yang terbatas.

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019