Satuan pemadam kebakaran Makassar terbaik se-Indonesia

Satuan pemadam kebakaran Makassar terbaik se-Indonesia

Personil Damkar membentangkan spanduk di puncak Gunung Latimojong, Sulawesi Selatan, Jumat (1/3/2019). Kegiatan ini sebagai bentuk perhatian khusus memperingati satu abad atau 100 tahun usia Damkar Indonesia. (Dok Damkar Makassar.)

Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memberikan  apresiasi tinggi terhadap Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar yang berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan status terbaik se-Indonesia.

"Di usia 100 tahun damkar, Damkar Makassar menyakinkan kita adalah terbaik dan nomor satu di Indonesia. Bukan hanya prestasi dalam lomba tapi juga respon cepat dalam penyelamatan," ujarnya seusai menghadiri HUT 100 tahun Damkar di Markas Damkar Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Menurutnya, saat ini kualitas dan sistem yang dibangun Damkar Makassar sudah sangat baik. Selain itu satuan Damkar mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat ketika dibutuhkan.

Bukan hanya melakukan pemadaman api dengan respon cepat, lanjut dia, tetapi juga memberikan pelayanan  kepada warga yang terganggu akibat ulah binatang liar, termasuk menyelamatkan binatang peliharaan warga.

Ia mengatakan bangga  bahwa personel Damkar Makassar telah menjalankan amanah Menteri Dalam Negeri seperti persoalan kelembagaan sampai pada keterampilan personelnya.

Pria yang disapa akrab Danny Pomanto ini mengungkapkan, sudah sewajarnya Damkar terus diperbaharui baik  sarana maupun prasarananya serta sumber daya manusianya.

"Jangan pernah puas dengan 55 unit mobil damkar. Kita mesti tambah lagi sekaligus peremajaan. Sebab, aturannya satu unit damkar menangani 10 ribu warga. Maka tentu unit Damkar mesti ditambah paling tidak mendekati 100 unit, begitupun personelnya, karena penduduk di Makassar mencapai satu juta lebih," ungkap dia.

Kepala Dinas Damkar Makassar, Andi Muh Yasir pada kesempatan itu menuturkan, ke depan Damkar Makassar akan lebih profesional. Sebab, ada dua definisi yang mensyaratkan itu yakni konsep dan operasionalnya.

"Definisi konsepnya, bahwa damkar itu harus didukung oleh pasukan yang mempunyai keterampilan yang mumpuni. Dan definisi operasionalnya, kemampuan skill  personel harus didukung sarana dan prasarana," tuturnya.

Pihaknya juga menyambut baik adanya penambahan unit damkar, meskipun jumlah sekarang cukup memadai namun bila dilihat dari perbandingan jumlah penduduk  memang seharusnya  ditambah, termasuk juga personelnya.

Yasin menambahkan, prestasi Damkar Makassar merupakan hasil kerja keras dan semangat serta kesolidan tim saat perlombaan ketangkasan di Riau pada puncak acara HUT Damkar ke -100 tahun.


Baca juga: Damkar Makassar juara umum nasional
Baca juga: Kemendagri harapkan semua daerah bentuk lembaga penanggulangan bencana

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar