Sepak Bola Dunia

Bert van Marwijk ditunjuk jadi pelatih Uni Emirat Arab

Bert van Marwijk ditunjuk jadi pelatih Uni Emirat Arab

Bert van Marwijk (REUTERS/Fabian Bimmer)

Jakarta (ANTARA) - Mantan pelatih Belanda, Arab Saudi, dan Australia Bert van Marwijk ditunjuk menggantikan Alberto Zaccheroni untuk menangani tim nasional sepak bola Uni Emirat Arab.

Asosiasi sepak bola Uni Emirat Arab mengumumkan penunjukkan pria berusia 66 tahun itu pada Rabu malam, tujuh pekan setelah pelatih asal Italia Zaccheroni pergi saat tim tuan rumah tersingkir di Piala Asia oleh Qatar pada semifinal.

Van Marwijk menangani timnas Belanda ke putaran final Piala Dunia pada 2010 dan, mungkin yang ini lebih penting bagi Emirat, juga mengantar Arab Saudi lolos ke putaran final tahun lalu, yang merupakan perjalanan pertama mereka ke kejuaraan besar sepak bola sejak 2006.

Mantan manajer klub Feyenoord, Borussia Dortmund, dan Hamburg SV itu dilepas Arab Saudi sebelum putaran final setelah berselisih soal syarat dan ketentuan, tapi bagaimanapun, dia juga mengantar Australia tersingkir pada babak pertama di Rusia.

Uni Emirat Arab baru sekali lolos ke putaran final Piala Dunia pada 1990, tapi bisa saja menjadi tuan rumah beberapa pertandingan turnamen 2022, jika keretakan politik dan ekonomi dengan Qatar bisa diselesaikan dan FIFA tetap pada keputusan menggelar turnamen dengan 48 tim.

Pewarta: Irwan Suhirwandi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar