Di Kabupaten Cirebon ada 525 PJU-TS yang dibangun sedangkan di Kota Cirebon cuma 50 unit, jujur saya malu
Cirebon (ANTARA) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan meresmikan pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Cirebon, Jawa Barat, yang merupakan penguatan infrastruktur energi dan berharap Pemda bisa mengajukan lagi lebih banyak.

"Di Kabupaten Cirebon ada 525 PJU-TS yang dibangun sedangkan di Kota Cirebon cuma 50 unit, jujur saya malu," kata Jonan di Cirebon, Kamis.

Menurut dia, pembangunan PJU-TS itu termasuk dalam penguatan infrastruktur khususnya di sektor energi dan ini sangat penting untuk meratakan pembangunan infrastruktur di semua sektor.

Jonan juga sempat menyampaikan kepada Wali Kota Cirebon, agar bisa mengajukan pembangunan PJU-TS secara langsung karena Pemkot Cirebon belum mengajukan pembangunan tambahan PJU-TS di tahun anggaran 2019.

"Pak Azis nanti bikin surat saja pengajuan pembangunan PJU-TS, kirim ke KESDM," ujarnya kepada Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis.

Jonan juga meminta agar dalam surat tersebut dicantumkan rincian panjang jalan kota, jalan provinsi, dan jalan nasional.

Hal itu dimaksudkan untuk memudahkan jajarannya menentukan jumlah PJU-TS dan lokasi penempatannya. Jika dihitung maka setiap kilometer panjang jalan membutuhkan 20 PJU-TS

"Jadi kalau panjang jalannya 100 kilometer ya diperkirakan butuh 2.000 PJU-TS. Jika tidak bisa dibangun dalam satu tahun, kan bisa di dua tahun," kata Jonan.
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019