Jakarta (ANTARA) - Kemenangan Shesar Hiren Rhustavito atas Loh Kean Yew asal Singapura dengan skor 17-21, 21-14 dan 21-7 di partai ketiga babak perempat final Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 di Hong Kong, Jumat sukses membawa tim Indonesia ke babak semifinal.

"Senang alhamdulillah bisa menang, membawa satu poin untuk Indonesia. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi, kalau dipercaya turun, saya ingin menyumbangkan poin terus," kata Shesar melalui keterangan resmi yang diterima media di Jakarta.

Sebelumnya, dua poin untuk Indonesia diperoleh melalui kemenangan pasangan ganda putra Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto dan tunggal putri Ruselli Hartawan. Dengan demikian tim Indonesia unggu 3-0 atas Singapura.
Baca juga: Fajar-Rian amankan poin pertama perempat final Asia Mixed Team

Mengawali pertandingannya di gim pertama, Shesar harus tertinggal 4-12 dari Loh, yang kemudian sempat mencoba mengubah strateginya di gim yang sama. Namun, akibat jarak skor sudah terlalu jauh, pemain kelahiran Sukoharjo ini pun tak bisa menghindar dari kekalahan.

Kekalahan di gim pertama membuat semangat Shesar bertambah. Pelan tapi pasti pemain yang sering keluar masuk pelatnas ini mampu mengendalikan permainan di dua gim berikutnya. Kemenangan akhirnya dapat diraih setelah unggul  21-14 dan 21-7.

"Start awal saya ketinggalan, dia langsung mempercepat permainan. Terus poinnya juga ketinggalan jauh, dari situ saya coba mengubah strategi. Di gim pertama strateginya sudah ketemu, tapi poin sudah kejauhan. Jadi strategi tadi saya terapkan di gim kedua dan tiga," kata atlet besutan PB Djarum tersebut.

Shesar dan Loh sebelumnya pernah sekali bertemu di Yonex Sunrise Indonesian Masters 2015. Namun, saat itu Shesar kalah dengan skor 17-21, 21-15 dan 19-21.

"Tadi saya lebih ke persiapan mentalnya, saya mau tahan apa nggak. Karena tipenya dia kan menyerang dan reli. Jadi saya bersiap capek. Kuncinya di situ," kata Shesar menambahkan.

Berikut hasil lengkap pertandingan Indonesia melawan Singapura yang berlangsung di Queen Elizabeth Stadium, Hong Kong.

Ganda putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Loh Kean Hean/Toh Han Zhou: 21-16, 19-21, 21-19
Tunggal putri: Ruselli Hartawan vs Yeo Jia Min: 21-14, 21-18
Tunggal putra: Shesar Hiren Rhustavito vs Loh Kean Yew: 17-21, 21-14, 21-7
Ganda putri: Ni Ketut Mahadewi Istarani/Rizki Amelia Pradipta vs Lim Ming Hui/Putri Sari Dewi Citra: (tidak dimainkan)
Ganda campuran: Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow vs Danny Bawa Chrisnanta/Tan Wei Han: (tidak dimainkan).
Baca juga: Tim bulu tangkis putri Indonesia melangkah ke perempat final

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019