Keberhasilan ini patut diapresiasi
Bandarlampung (ANTARA) -
Gubernur Lampung,  M. Ridho Ficardo mengapresiasi keberhasilan pemerintah kabupaten (pemkab)  Waykanan menjadi daerah bebas buang air besar sembarangan.

Apresiasi tersebut disampaikan Gubernur Ridho kepada Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya dalam acara rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) provinsi Lampung 2019, di Bandarlampung, Jumat.

Pada kesempatan tersebut lima daerah yakni Pringsewu, Lampung Tengah, Tanggamus, Lampung Barat, dan Metro memaparkan rencana aksi daerah program kesehatan daerahnya dihadapan Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F. Moeloek

Gubernur Lampung mengatakan, bahwa melalui tiga strategi yakni predisposisi, enabling, dan reinforcing, Waykanan mampu mengubah perilaku masyarakat agar hidup secara saniter dan higienis.

"Keberhasilan ini patut diapresiasi," ujarnya.

Pada Rakerkesda yang dihadiri Menkes Nila tersebut, Gubernur juga menyampaikan arahan kepada jajaran kesehatan di provinsi Lampung untuk menyiapkan sumber daya manusia (sdm) berkualitas agar anak Lampung tetap menjadi tuan rumah di daerahnya.

'Kemajuan provinsi Lampung tidak bisa dihentikan. Investasi akan sangat banyak yang masuk dan perekonomian bergerak cepat. Lampung akan sangat menarik bagi orang luar," katanya.

Untuk itu, dia mengingatkan kepada Dinkes provinsi Lampung dan kabupaten/kota bersama-sama menyiapkan SDM berkualitas.

"Agar anak-anak kita dapat bersaing menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri," ujar Gubernur.

Selain menyiapkan SDM berkualitas, dia juga  mengimbau agar fasilitas kesehatan di daerah terutama rumah sakit disiapkan,  baik dari sisi pelayanan maupun sarana dan prasarana.

"Rumah sakit di daerah tolong disiapkan hal ini juga suatu kewajiban bagi pemerintah daerah. Mempersiapkan SDM, baik dari segi pendidikan, kesehatan juga penguatan fasilitas kesehatan terutama rumah sakit daerah menjadi modal untuk memastikan pembangunan provinsi Lampung berjalan baik," kata Gubernur.

Kepala Dinkes provinsi Lampung, Reihana, dalam laporannya mengungkapkan beberapa rencana aksi daerah provinsi Lampung pada 2019 yang akan dilaksanakan terkait lima isu strategis.

Rencana tersebut antara lain, penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKIB), penanggulangan kekerdilan, peningkatan cakupan dan mutu imunisasi, eliminasi TB dan paru serta pengendalian penyakit tidak menular.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Alex Sariwating
Copyright © ANTARA 2019