counter

Dinkes sediakan 202 jenis obat untuk korban banjir

Dinkes sediakan 202 jenis obat untuk korban banjir

Kunjungan Kepala Dinas Kesehatan Papua Aloysius Giyai ke Posko Pengungsi korban banjir (Dokumen Dinkes Papua)

Jumlah jenis obat yang tersedia buat korban banjir bandang Sentani sebanyak 202 jenis obat
Jayapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua menyediakan sebanyak 202 jenis obat untuk korban banjir bandang Sentani, Kabupaten Jayapura.

"Jumlah jenis obat yang tersedia buat korban banjir bandang Sentani sebanyak 202 jenis obat," kata Kepala Dinas Kesehatan  (Dinkes) Papua Aloysius Giyai di Jayapura, Jumat.

Bantuan obat tersebut, kata dia, disalurkan ke seluruh posko kesehatan juga ke Puskesmas Sentani, Puskesmas Sentani Timur, Ebungfau, Kesdam dan RSUD Yowari.

Menurut Aloysius, terdapat beberapa obat yang stok obatnya minim pada obat spesialistik dan antibiotika tertentu.

"Hal ini sudah dikomunikasikan kepada isntalasi farmasi Provinsi Papua dan diharapkan obat-obat tersebut dapat disiapkan," katanya.

Dinkes Papua menurunkan 248 relawan kesehatan yang terbagi atas sembilan dokter sepesialis, 37 dokter umum, 134 perawat.

Selanjutnya, 10 tenaga bidan, 42 farmasi, 65 tenaga gizi dan beberapa tenaga evakuasi, tenaga supir, tenaga sanitarian dan tenaga analis kesehatan.

Dinas Kesehatan Papua juga membangi 10 klaster pelayanan kesehatan kepada korban banjir bandang Sentani dimasing-masing posko yang ada.
 

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar