Jakarta (ANTARA) - Juara dunia Prancis memulai pertandingan kualifikasi grup H Euro 2020 dengan kemenangan telak 4-1 saat bertandang ke Moldova, Jumat waktu setempat.

Antoine Griezmann, Raphael Varane dan Olivier Giroud mencetak gol di babak pertama dan Kylian Mbappe mencetak gol larut untuk menempatkan Prancis di puncak grup menjelang pertandingan kandang pada Senin melawan Islandia, demikian dikutip dari Reuters, Sabtu.

Para pendukung tuan rumah membahana satu menit menjelang akhir pertandingan ketika pemain pengganti di babak kedua, Vladimir Ambros, mencetak gol hiburan.

"Kebobolan gol itu tidak berarti apa pun dari permainan bagus kami. Ini adalah pertandingan yang berpotensi sulit tetapi kami telah melakukan apa yang seharusnya kami lakukan," kata pelatih Prancis Didier Deschamps.

Dalam pertandingan Grup H lainnya, Islandia menang 2-0 di Andorra berkat gol Birkir Bjarnason dan Vidar Kjartansson sementara Turki mengalahkan Albania 2-0 melalui Burak Yilmaz dan Hakan Calhanoglu.

Kingsley Coman sedianya akan melakukan debutnya untuk timnas Prancis sejak November 2017, tetapi ia mengalami cedera punggung saat pemanasan dan terpaksa digantikan Blaise Matuidi yang berposisi di sayap kiri.

Prancis memulai permainan dengan tempo lambat, tetapi Paul Pogba melepas bola melewati pertahanan Moldova dan disambut Griezmann dengan tendangan voli yang mengarah ke bawah mistar gawang dari jarak dekat setelah pertandingan berlangsung selama 24 menit.

Varane membuat gol tambahan dari tendangan sudut Griezmann tiga menit kemudian ketika tim tuan rumah mulai kewalahan saat pertemuan pertama mereka dengan Prancis.

Giroud menyarangkan gol ke-34 bagi Les Bleus dengan tendangan voli menyilang hasil umpan Blaise Matuidi sembilan menit menjelang turun minum. Dengan gol itu, Giroud bergabung dengan David Trezeguet di posisi ketiga dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Prancis.

Sementara itu Mbappe menjaringkan bola ke gawang Moldova dari jarak dekat di menit 87 untuk mengakhiri kemenangan.

Kiper Prancis Hugo Lloris luput melakukan penyelamatan apik sehingga ia ditaklukkan Ambros, yang melepaskan tembakan pada satu menit tersisa dan skor akhir menjadi 4-1.

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019