Jakarta (ANTARA) - Karya terbaru sutradara Ravi Bharwani yang berjudul "27 Steps of May" akan segera ditayangkan di bioskop-bioskop Indonesia setelah "jalan- jalan" ke beberapa festival film internasional sejak Oktober 2018 lalu.

"Kami akhirnya memutuskan untuk tayang perdana di bioskop-bioskop Indonesia mulai 27 April 2019, setelah berdiskusi dengan pihak XXI Cineplex. Pemilihan tanggal penuh pertimbangan karena hampir berbarengan dengan rilisnya film superhero Hollywood dan pemilu," ujar produser Wilza Lubis dalam keterangan pers, Sabtu.

Film yang mengangkat isu trauma pasca-kekerasan seksual terhadap perempuan itu memakan proses sekitar lima tahun, mulai dari tahap riset sampai sesudah produksi.

"Sebagai film yang minim dialog dan menitikberatkan elemen-elemen visual dalam bercerita, maka semua elemen ini harus dibuat dan ditata secara detail dan rapi. Hal tersebut memerlukan ketelitian, kesabaran, dan tentunya waktu. Manajemen waktu ini yang menjadi tantangan paling berat," ungkap Ravi Bharwani.

Film yang diproduksi oleh Green Glow Pictures dan didukung oleh Go Studio itu diawali dengan adegan May --diperankan oleh aktris Raihaanun-- yang kala itu berusia 14 tahun diperkosa oleh sekelompok orang tak dikenal.

Akibat trauma yang mendalam, May menarik diri sepenuhnya dari kehidupan.

May menjalani hidupnya tanpa koneksi, emosi, dan kata-kata. Peristiwa tersebut tidak hanya berdampak pada kehidupan May, tetapi juga Bapak --yang dimainkan oleh aktor Lukman Sardi.

Bapak May sangat terpukul dan menyalahkan dirinya karena tidak dapat menjaga putrinya. Ia memiliki karakter lembut yang siap mengorbankan segalanya untuk memberikan kenyamanan dan perlindungan bagi anaknya.

Namun, di luar rumah Bapak memiliki karakter yang berbeda. Ia menyalurkan semua emosinya di ring tinju. Trauma yang mereka alami itu berlangsung hingga delapan tahun.

Film berdurasi 112 menit itu juga dibintangi oleh Ario Bayu dan Verdi Solaiman.

"27 Steps of May" pertama kali diputar di Busan International Film Festival pada Oktober tahun lalu, juga Cape Town International Film Market & Festival, Goteborg Film Festival, dan Bengaluru International Film Festival.

"Waktu melihat antusias yang besar dari penonton film '27 Steps of May' pada dua pemutaran di Indonesia--Jogja-NETPAC Asian Film Festival dan Plaza Indonesia Film Festival--saya semakin deg-degan sekaligus tidak sabar menanti 27 April nanti," ujar Raihaanun.

Baca juga: "27 Steps of May" ke tiga festival film di Bengaluru, Mesir, Kamboja
Baca juga: Kesulitan Raihaanun perankan korban perkosaan

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019