Ide keripik lumpia ini bermula dari kerisauan saya yang ingin terus melestarikan panganan khas leluhur dengan inovasi lain karena sebelumnya lumpia basah hanya bertahan 8 jam, sedangkan lumpia goreng yang hanya bertahan 24 jam
Semarang (ANTARA) - Lumpia Cik Meme sebagai salah satu ikon kuliner di Kota Semarang memperkenalkan varian baru berupa keripik lumpia kepada masyarakat sebagai upaya melestarikan makanan khas dari Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.

"Ide keripik lumpia ini bermula dari kerisauan saya yang ingin terus melestarikan panganan khas leluhur dengan inovasi lain karena sebelumnya lumpia basah hanya bertahan 8 jam, sedangkan lumpia goreng yang hanya bertahan 24 jam," kata Meilani Sugiarto (Cik Meme) selaku pemilik Lumpia Cik Meme saat peluncuran perdana menu keripik lumpia di Kota Semarang, Sabtu.

Sebelum tercipta keripik lumpia, Cik Meme mengaku telah melakukan riset selama satu tahun dengan meracik ciri khas makanan gulungan telur yang diisi rebung dan daging tersebut.

Keripik lumpia merupakan inovasi pertama yang mampu menyajikan anggapan lumpia sebagai makanan menjadi camilan yang mampu bertahan lama dengan tetap mempertahankan cita rasaresep tradisional lumpia.

Setelah melalui serangkaian uji coba, Cik Meme akhirnya mendapatkan resep keripik lumpia yang memiliki rasa khas originalnya yakni isian rebung.

"Jadi lumpia yang awalnya menjadi makanan tradisional mengenyangkan saya kreasikan menjadi makanan ringan. Ini menjadi revoluasi lumpia sebagai makanan khas Semarang," ujarnya di gerai Lumpia Cik Meme yang terletak di Jalan Gajahmada No.107 Semarang.

Meski makanan ringan, lanjut dia, masyarakat yang menjajal keripik lumpia ini akan merasakan legitnya lumpia seperti saat menyantap lumpia gulung.

Keripik lumpia kreasi dari Cik Meme ini juga murni racikan original, tanpa pengawet, dan tanpa perasa buatan.

Bumbu yang dipakai juga tidak ada penambahan apapun, sedangkan bahan kulit lumpia dijadikan satu lalu diolah dengan isian rebung yang telah ditumbuk halus, kemudian diolah menjadi keripik.

"Saya menyebut ini varian baru dari revolusi tradisional lumpia yakni jajanan ringan yang bisa dinikmati sore hari menjamu tamu, nonton bioskop maupun saat perjalanan jauh," katanya.

Sebelumnya, Lumpia Cik Meme telah mengkreasikan enam cita rasa lumpia, mulai menu Lumpia Raja Nusantara dengan rasa jamur dan kacang mete, Lumpia Kajamu atau Kambing Jantan Muda, Lumpia Fish dengan campuran ikan kakap, Lumpia Crab dengan isian daging kepiting, Lumpia Original dengan campuran rebung, udang, ayam, serta Lumpia Plain untuk kalangan vegetarian.
 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019