counter

Sekretaris Kementerian BUMN apresiasi layanan Pelabuhan Makassar

Sekretaris Kementerian BUMN apresiasi layanan Pelabuhan Makassar

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro (kiri) bersama Dirut PT Pelindo IV Makassar Farid Padang pada kegiatan donor darah yang digelar PT Pelindo IV Makassar di kawasan Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar, Sabtu (23/3/2019). ANTARA Foto/S. Mappong

"Ini jualan lho ya, bukan bagi-bagi tidak ada kaitannya dengan politik. Tapi jualan BUMN dengan aplikasi Link, orang bisa beli beras pakai link, dan transaksi non tunai lainnya," katanya.
Makassar (ANTARA) - Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro memberikan apresiasi terhadap layanan Pelabuhan Makassar dan progres pembangunan Makassar New Port (MNP).

Hal itu dikemukakan Imam disela peninjauannya di Pelabuhan Makassar, kawasan Pelindo IV, Makassar, Sabtu.

"Pelabuhan baru itu fase pertama sudah hampir rampung sepenuhnya, meski ada disana-sini masih perlu dirapikan lagi," kata Imam.

Sementara mengenai pelayanan terminal penumpang di Pelabuhan Makassar, dia mengatakan, penggunaan sistem digitalisasi sangat membantu masyarakat, karena semua data langsung terverifikasi saat membeli tiket.

"Tadi mengunjungi penumpang di kapal, dengan menggunakan aplikasi link maka dengan barcode yang ada di smartphonennya, bisa cepat terlayani untuk masuk kapal," katanya memberikan contoh perbandingan dengan sistem manual yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Menurut dia, dengan sistem digitalisasi itu maka transaksi bisa langsung dan transparan, karena semuanya akan terekam (record), sehingga dapat ditelusuri.

Mengenai kinerja BUMN, dia mengatakan pada periode 2018 performance BUMN sangat baik sekali. Laba yang diperoleh sesuai prognosa mencapai Rp188 triliun.

Sementara kegiatan sosial sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dilakukan berbagai kegiatan seperti aksi donor darah, BUMN berbagi dan sebagainya.

"Kebetulan itu dalam rangka peringatan HUT BUMN, jadi ada beberapa BUMN yang bergabung yang ulang tahunnya berdekatan yakni di bulan Februari, Maret dan April," katanya.

Termasuk mendorong penggunaan aplikasi untuk transaksi 'link aja' dari kerjasama Bank BTN, BNI, BRI dan Mandiri yang memberikan banyak diskon-diskon atas produk-produk yang sbonus-bonus kepada masyarakat. Namun hal itu, dikatakan tidak ada kaitannya dengan urusan politik.

"Ini jualan lho ya, bukan bagi-bagi tidak ada kaitannya dengan politik. Tapi jualan BUMN dengan aplikasi Link, orang bisa beli beras pakai link, dan transaksi non tunai lainnya," katanya.

Sementara mengenai kegiatan donor darah di terminal Pelabuhan Makassar Dirut PT Pelindo IV Makassar Farid Padang mengatakan, kegiatan itu merupakan senergi BUMN dalam kegiatan sosial menjelang HUT ke-21 BUMN.

Rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-21 BUMN yang puncaknya pada April 2019, akan dilanjutkan pada kegiatan BUMN berbagi dengan memberikan pelumas dan oli gratis kepada masyarakat pada Minggu (24/3) di kawasan Taman Pakui, Makassar.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar