counter

Askrindo gelar literasi kelestarian sungai di Kwitang Jakarta

Askrindo gelar literasi kelestarian sungai di Kwitang Jakarta

Direktur SDM dan Umum Askrindo Firman Berahima menyerahkan sembako kepada warga Kelurahan Kwitang, Jakarta, di sela acara Literisasi Bersih Ciliwung menyambut HUT Askrindo ke-48, Sabtu (23/3/2019). (Budi Santoso)

Jakarta (ANTARA) - PT Askrindo (Persero) bekerja sama dengan Kelurahan Kwitang, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3), menggelar literasi kelestarian Sungai Ciliwung untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai atau saluran drainase lainnya.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT Askrindo yang ke-48.

Direktur SDM dan Umum Askrindo, Firman Berahima dalam keterangan tertulis mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi bersama dari pihak Kelurahan Kwitang yang menjalankan "Program Kampung Kota Bersama" dan PT Askrindo (Persero) dengan Program Bersih Sungai Ciliwung.

"Pihak Kelurahan melalui kegiatan mempercantik kampung berusaha menjadikan kampung-kampung di wilayahnya menjadi bersih. Di lain pihak, Askrindo dengan Program Bersih Sungai Ciliwung berusaha mengedukasi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk tidak membuang sampah ke kali melalui kegiatan literasi bersih sungai," katanya.

Ia menjelaskan, program literasi tentang kebersihan dan kelestarian Sungai Ciliwung itu merupakan program CSR berkelanjutan di bidang lingkungan dari Askrindo yang sudah berjalan setahun terakhir.

Kegiatan literasi ini dilakukan setiap bulannya bekerja sama dengan salah satu komunitas pencinta Sungai Ciliwung yaitu Yayasan Lintas Sungai Abadi atau Yalisa.

Eka Soeriansyah, Ketua Yalisa mengatakan bahwa kegiatan operasi bersih sungai sudah berjalan beberapa tahun belakang ini bertujuan mengurangi tumpukan sampah yang mengikis jalur Sungai Ciliwung.

“Kita ingin menyadarkan masyarakat bahwa sungai itu lingkungan hidup dan bukannya tempat sampah," katanya.

Dalam acara tersebut, turut hadir Muspika Senen dan Muspikel Kwitang beserta jajaran dalam rangka seremoni Kampung Kota Bersama.

Firman Berahima bersama Muspika dan Muspikel sempat mengecat Kantor RW. 02 yang menandakan Program Kampung Kota Bersama akan dilaksanakan di Kelurahan Kwitang.

Bersama dengan kegiatan peduli lingkungan, Askrindo juga menyelenggarakan Pasar Murah Sembako. Dalam paket sembako terdapat beras, gula, minyak goreng, ikan sarden, dan garam.

Terdapat 10.000 paket sembako murah yang akan dijual kepada masyarakat ekonomi lemah yang tersebar di sejumlah wilayah yakni di Wilayah Jakarta, Bojong Gede, Bogor serta Semarang, dan Surabaya.

Firman melanjutkan, kegiatan ini juga bagian dari CSR serta wujud nyata Askrindo untuk hadir di tengah tengah masyarakat. Kegiatan sembako murah ini juga menjadi ajang sinergi Askrindo dengan BUMN lainnya.

Dalam pengadaan Pangan Murah, Askrindo juga bersinergi dengan sejumlah BUMN antara lain Perum Bulog, PT RNI, PTPN III, PT PPI dan PT Garam.
 

Pewarta: Budi Santoso
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Aksi bersih sampah Ciliwung 2019 catat rekor MURI

Komentar