counter

Kualifikasi Piala Eropa 2020

Kroasia takluk 1-2 kepada Hungaria

Kroasia takluk 1-2 kepada Hungaria

Mate Patkai (Reuters)

Hasil ini membuat persaingan di grup itu makin terbuka setelah Wales menundukkan Slowakia 1-0 di Cardiff beberapa jam sebelumnya
Jakarta (ANTARA) - Gelandang Hungaria Mate Patkai mencetak gol internasional pertamanya untuk mengantarkan negaranya berbalik menang 2-1 setelah ketinggalan melawan runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia, dalam laga kualifikasi Grup E Euro 2020, Senin dini hari WIB ini.

Hasil ini membuat persaingan di grup itu makin terbuka setelah Wales menundukkan Slowakia 1-0 di Cardiff beberapa jam sebelumnya.

Slowakia, Wales, Hungaria dan Kroasia sama-sama mengemas tiga poin, sedangkan Azerbaijan nihil, sekalipun Wales dan Azerbaijan baru bermain sekali, sedangkan tiga lainnya sudah dua kali bermain.

Kroasia yang menang 2-1 melawan Azerbaijan, Kamis pekan lalu, sepertinya akan menang mudah setelah Ante Rebic membawa timnya unggul pada menit keenam usai menerima umpan bola rendah dari Andrej Kramaric.

Tetapi Hungaria yang mendapat semangat dari dukungan membahana penonton tuan rumah di Groupama Arena, menyamakan kedudukan pada menit ke-34 lewat striker Adam Szalai yang menyambut umpan cantik Balazs Dzsudzsak yang meneruskannya dengan tendangan yang memperdaya kiper Lovre Kalinic dari sudut sempit.

Baca juga: Skotlandia diejek fans hanya menang 2-0 lawan San Marino

Kapten Dzsudzsak yang merayakan penampilan ke-100 dia untuk timnas Hungaria, menjadi jantung penampilan bersemangat Hungaria. Patkai mencetak gol penentu kemenangan Hungaria pada menit 76 setelah Kroasia gagal menghalau tendangan bebas lawannya.

Pemain pengganti Kroasia, Marin Leovac, gagal menciptakan gol dari set piece. Patkai membawa bola untuk melewati Kalinic dari jarak dua meter untuk makin mempertebal kepercayaan diri tuan rumah dan sekaligus membungkam penonton tim tamu yang bising.

Hungaria yang kalah 0-2 melawan tuan rumah Slowakia pada laga perdana, nyaris menciptakan lagi gol beberapa menit kemudian ketika Kroasia dipaksa menghalau tiga peluang gol dalam kemelut di mulut gawang.

Sebelum pertandingan ini, gelandang Wales Daniel James mencetak gol kemenangan pada menit kelima melawan Slowakia yang merupakan gol internasionalnya pada debut kompetitif bersama Wales yang akan bertandang ke Kroasia pasa 8 Juni, sedangkan Hungaria bertandang ke Azerbaijan.

Baca juga: Rusia gulung Kazakhstan 4-0

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar