Masyarakat setempat menjaga kawasan tersebut dari penebangan pohon secara liar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga Burung Cenderawasih tidak berpindah tempat
Waisai (ANTARA) - Wisatawan asing khususnya pencinta alam sangat mengagumi keindahan hutan Pulau Waigeo Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, khususnya kawasan Hutan Warkesi.

Kawasan Hutan Warkesin merupakan salah satu kawasan hutan di Pulau Waigeo yang dikagumi wisatawan. Kawasan hutan itu dinilai oleh wisatawan sebagai kawasan hutan ramah burung, karena sangat banyak Burung Cenderawasih.

Untuk menjangkau Hutan Warkesi guna melihat Burung Cenderawasih menari, wisatawan dapat menggunakan ojek dan mobil dengan jarak tempuh 25 menit dari Waisai, ibu kota Raja Ampat.

Penjaga kawasan Hutan Warkesi Orgenes Manggaprou di Waisai, Papua Barat, Minggu, mengatakan setiap wisatawan yang berkunjung ke kawasan Hutan Warkesi pasti mengagumi keindahannya.

Dia mengatakan pekan lalu ada enam orang wisatawan asal Thailand yang berkunjung ke kawasan Hutan Warkesi dan mereka sangat kagum melihat Burung Cenderawasih menari.

"Wisatawan fotografer Thailand tersebut berjam-jam di dalam kawasan hutan di Pulau Waigeo mengambil gambar Burung Cenderawasih menari," ujarnya.

Menurutnya, hutan yang asli dan Burung Cenderawasih menari mendatangkan wisatawan. Ia mengatakan kunjungan wisatawan adalah sumber penghasilan masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

"Masyarakat setempat menjaga kawasan tersebut dari penebangan pohon secara liar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga Burung Cenderawasih tidak berpindah tempat," tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019