counter

Analis: IHSG terkoreksi seiring melemahnya bursa Asia

Analis: IHSG terkoreksi seiring melemahnya bursa Asia

Sejumlah orang mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta (ANTARA FOTO/Rendhik Andika).

Sentimen laporan laba perusahaan diperkirakan dapat memberikan dukungan positif bagi IHSG pada perdagangan saham pekan ini...
Jakarta (ANTARA) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin terkoreksi seiring dengan melemahnya bursa saham Asia.

IHSG dibuka melemah 51,42 poin atau 0,79 persen ke posisi 6.473,86. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 bergerak turun 12,62 poin atau 1,23 persen menjadi 1.013,32.

Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah di Jakarta, Senin, mengatakan pergerakan saham akan dipengaruhi sejumlah sentimen, salah satunya yaitu laporan laba emiten pada pekan keempat Maret ini.

"Sentimen laporan laba perusahaan diperkirakan dapat memberikan dukungan positif bagi IHSG pada perdagangan saham pekan ini, di tengah faktor global yang terkadang muncul sebagai ketidakpastian bagi pasar," ujar Alfiansyah.

Selain laporan laba, sentimen lain yaitu terkait keputusan Bank Indonesia (BI) yang menahan suku bunga acuan di level 6 persen. Kebijakan tersebut dinilai sebagai langkah yang tepat dan strategis, karena untuk mengantisipasi menghadapi problem defisit transaksi berjalan yang melebar mendekati tiga persen terhadap PDB pada 2018.

Menurut Alfiansyah, keputusan itu juga taktis karena bertujuan memperkuat stabilitas eksternal perekonomian di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi global terutama China, AS, dan Uni Eropa.

"Dapat dipastikan kalangan perbankan, dunia usaha, dan pelaku pasar modal merespons positif keputusan BI ini karena dasar makin jelas," kata Alfiansyah.

Bursa regional Asia antara lain Indeks Nikkei melemah 667,03 poin (3,08 persen) ke 20.960,31, Indeks Hang Seng melemah 492,48 poin (1,69 persen) ke 28.620,88 dan Straits Times melemah 38,73 poin (1,21 persen) ke posisi 3.173,37.

Baca juga: Bursa China dibuka anjlok, Indeks Komposit Shanghai turun 1,46 persen

Baca juga: Harga minyak jatuh di Asia tertekan potensi resesi AS

Baca juga: Pemerintah perketat pengawasan distribusi solar



 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar