Ini artinya ada peluang besar produk UKM Kota Malang bisa masuk di pangsa pasar Taiwan, bahkan Asia Tenggara
Malang (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang dan Taiwan menjajaki kerja sama bilateral dalam pengembangan sektor usaha kecil menengah (UKM) sekaligus menjadi peluang besar bagi misi dagang bagi UKM Kota Malang.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang Tri Widyani Pangestuti, Selasa, mengemukan Kota Malang mendapat peluang besar untuk kerja sama bilateral dan misi dagang dengan Pemerintah Taiwan, khususnya untuk pengembangan UKM.

"Ini artinya ada peluang besar produk UKM Kota Malang bisa masuk di pangsa pasar Taiwan, bahkan Asia Tenggara," kata Tri Widyani yang menjadi salah delegasi "2019 Taiwan IDIA Spring Program for Southeast Asian Countries" pada 17 - 24 Maret 2019 di Taiwan.

Selain Tri Widyani, delegasi tersebut juga ada Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, Asisten Eksekutif Gubernur Jawa Timur, Kementerian Tenaga Kerja, Kelautan Perikanan, Perdagangan, Bencana Alam, serta staf Tim Sekretariat Kepresidenan dan dari Sekretariat DPR RI.

Rombongan dipandu oleh Taiwan Economic and Trad Office (TETO) Surabaya. Delegasi dari Indonesia tersebut diterima oleh Wakil Mentri Luar Negri Taiwan, Hsu Szu Chien.

Lebih lanjut, Tri Widyani yang akrab dipanggil Yani itu mengatakan Kota Malang bisa mengadaptasi Area Park Cultural and Creative di Taichung-Taiwan, dimana Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang akan mengimplementasikan berbagai fasilitas untuk para start-up dan pelaku usaha sehingga mereka bisa berkembang sampai pada tingkat internasional.

Bahkan, lanjut Yani, usaha Pemkot Malang dalam membangun Malang Creative Centre (MCC) sebagai upaya pengembangan ekonomi kreatif, bisa bekerja sama dengan Pemerintah Taiwan, karena pada kesempatan kunjungan tersebut sudah dibicarakan mengenai rencana tersebut.

"Gedung Kreatif Center di Taichung sangat modern sebagai sarana dan aktivitas UKM dan para start up," tuturnya.

Yani mengatakan sehubungan dengan program Pemprov Jawa Timur dalam membangun ekonomi kreatif, Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang dapat mewakili dalam program Ekonomi Haq dalam memfasilitasi Kreatif Haq.

"Begitu pula dengan produk UKM, kami akan menstandarisasi produk-produk UKM dengan ketentuan di antaranya mencantumkan fakta nutrisi, PIRT dan lainnya sebagai wujud implementasi dari program tersebut," ucapnya.

IDIA adalah Institute Diplomacy International Affair yang di lakukan oleh Pemerintah Taiwan dengan peserta aparatur pemerintah dari negara-negara kawasan Asia Tenggara. Kegiatan tersebut membahas kerja sama perdagangan, perkembangan pembangunan, pendidikan, sosial dan ekonomi dengan negara di Asia Tenggara.

Baca juga: Tiongkok dorong perluasan investasi di Kota Malang

 

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019