Hal tersebut merupakan program pertama harus dilaksanakan termasuk masalah ekonomi kreatif dan ketahanan pangan mulai 2020
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, memprioritaskan enam program unggulan untuk tahun 2020 demi kepentingan publik.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid di Tangerang, Selasa, mengatakan peningkatan kwalitas dan pemerataan pelayanan pendidikan, kesehatan dan sosial adalah masalah utama.

"Hal tersebut merupakan program pertama harus dilaksanakan termasuk masalah ekonomi kreatif dan ketahanan pangan mulai 2020," tambahnya.

Ia menambahkankan program kedua berupa penangganan kemiskinan dan pengangguran dan ketiga yaitu pemerataan insfrastruktur dan pembangunan berkelanjutan.

Menurut dia, program keempat adalah penataan perumahan, pemukiman berbasis kawasan dan kelima pengelolaan sampah dan lingkungan.

Sedangkan program terakhir yakni peningkatan tata kelola pemerintahan yang berbasis informasi teknologi dan keterbukaan publik.

Hal tersebut terkait Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang mengelar forum Kunsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020.

Namun acara tersebut digelar di sebuah hotel di Kecamatan Pagedangan dengan melibatkan instansi terkait serta camat dan kepala desa.

Plt Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang, Yani Sutisna mengatakan forum tersebut dilaksanakan berpedoman kepada Permendagri No.86 tahun 2017.

Sedangkan rancangan itu perlu ada penyempurnaan dan disusul berdasarkan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019 hingga 2020.
 
Rancangan itu perlu mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan dan isu strategis dengan mengembangkan inovasi daerah.

Saat ini telah dimulai program sanitasi pesantren, perbaikan kampung dan lingkungan kumuh serta perbaikan kawasan pesisir.

 

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019