counter

Wapres: masuk lembaga pemasyarakatan seperti masuk pesantren

Wapres: masuk lembaga pemasyarakatan seperti masuk pesantren

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberikan sambutan dalam acara Pameran Produk Unggulan Narapidana di Gedung Garuda, Kementerian Perindustrian, Jakarta pada Selasa (26/3/2019). (Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan narapidana yang masuk ke Lembaga Pemasyarakatan yang terbina dengan baik, maka akan sama seperti masuk ke dalam pesantren.

"Kalau ada pengajiannya, ada kerajinannya, dan ada lembaganya, maka betul-betul akan terbina, keluar akan menjadi orang yang baik," katanya dalam sambutannya saat membuka acara Pameran Produk Unggulan Narapidana (PUN) di Gedung Garuda, Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa.

Menurut Wapres, narapidana yang memanfaatkan waktu luangnya di dalam lapas secara produktif juga dapat menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dia berharap pembinaan yang baik kepada narapidana dapat menjadi solusi untuk membuat mereka berubah ke arah yang lebih baik.

Jika narapidana di dalam penjara tidak mendapat pembinaan, maka dikhawatirkan saat keluar dari bui tidak memiliki kemampuan untuk berusaha.

"Saya ingin menyampaikan penghargaan atas segala upaya ini dan harapan kita pada masa-masa yang akan datang yaitu kualitas atau variasi daripada hasil pekerjaan para lembaga pemasyarakatan bisa ditingkatkan," kata Wapres.

Wapres telah membuka pameran PUN Ke-7 pada 2019 yang menampilkan beragam produk buatan narapidana di seluruh lapas di Indonesia.

Acara itu merupakan kerja sama dari Kementerian Hukum dan HAM, dan Kementerian Perindustrian.

Pameran produk unggulan itu dilaksanakan pada 26 hingga 29 Maret 2019 di Gedung Garuda, Kementerian Perindustrian.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Alex Sariwating
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ma’ruf Amin pasrahkan hasil rakernas terkait statusnya di MUI

Komentar