counter

BI beri beasiswa bagi mahasiswa IAIN Palu pascatsunami

BI beri beasiswa bagi mahasiswa IAIN Palu pascatsunami

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Perencanaan IAIN Palu Dr Kamaruddin MAg menyampaikan sambutan pada sosialisasi beasiswa Bank Indonesia, di IAIN Palu, Selasa (26/3/2019). (Foto: ANTARA News/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah bakal menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, setelah kampus itu tertimpa bencana tsunami.

Beasiswa itu sebagai bentuk kepedulian untuk meringankan beban generasi muda yang menimba ilmu di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri tersebut. "Salah satu bentuk CSR Bank Indonesia yaitu dalam bentuk beasiswa yang di berikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi, termasuk IAIN Palu," ucap Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan BI Sulteng, Rio Mandey, di Palu, Selasa.

BI menargetkan memberikan beasiswa kepada 50 peserta/mahasiswa IAIN Palu tahun 2019.

Ia menjelaskan, setiap mahasiswa akan menerima bantuan beasiswa senilai Rp 12 Juta dalam dua semester. "Jadi setiap mahasiswa akan menerima Rp6 Juta/semester," ujar Rio.

Untuk menjadi penerima beasiswa, sebut dia, pihak IAIN Palu dan BI Perwakilan Sulteng akan menjaring mahasiswa, lalu kemudian di seleksi.

Seleksi bertujuan untuk menentukan mereka yang layak menerima. "Mereka yang layak menerima, akan mendapat beasiswa ini. BI akan memberikan langsung lewat rekening. Karena itu setiap penerima harus memiliki rekening," ujar dia.

Terkait hal itu Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Perencanaan IAIN Palu Dr Kamaruddin MAg mengemukakan bentuk kepedulian BI terhadap IAIN Palu merupakan merupakan bantuan yang sangat membantu civitas akademik pascaterimpa bencana.

"Kami sangat berterima kasih kepada pihak Bank Indonesia, karena sangat peduli terhadap IAIN Palu," sebut Kamaruddin.

Kamaruddin juga memaparkan beberapa kondisi IAIN Palu pascatertimpa bencana tsunami 28 September 2018, diantaranya, sekitar 80 persen bangunan gedung, sarana prasarana penunjang kegiatan civitas akademik rusak total.

Sementara itu salah satu Pengelola Beasiswa Bank Indonesia IAIN Palu Ermawati mengutarakan, bantuan beasiswa BI kepada mahasiswa IAIN Palu tiga tahun terakhir mengalami peningkatan.

Tahun 2017, BI memberikan beasiswa kepada 40 mahasiswa IAIN Palu dengan nilai Rp4 juta/semester/mahasiswa. Tahun 2018, 50 mahasiswa menerima beasiswa dengan nilai Rp6 Juta/semester/mahasiswa.

Tahun 2019, direncanakan 50 mahasiswa akan menerima beasiswa BI.

BI Perwakilan Sulteng melaksanakan sosialisasi beasiswa kepada mahasiswa IAIN Palu, di ikuti sekitar 200 mahasiswa dari berbagai fakultas, berlangsung di Aula IAIN Palu, Selasa.*
 
Antusian mahasiswa IAIN Palu mengikuti sosialisasi beasiswa Bank Indonesia, di IAIN Palu, Selasa. (Antara/Muhammad Hajiji)
Pengelola Beasiswa Bank Indonesia IAIN Palu Dr Ermawati, pada sosialisasi beasiswa Bank Indonesia, di IAIN Palu, Selasa. (Antara/Muhammad Hajiji

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar