counter

Sungailiat Triathlon targetkan 600 peserta

Sungailiat Triathlon targetkan 600 peserta

CEO PT Pantai Timur Sungailiat Thomas Jusman (kedua dari kiri) didampingi Penggiat Triathlon Chaidir Akbar (paling kiri), Owner Restoran Kampung Bangka HM Fitno (tengah), PT Rocca Karya Indonesia Juliany Nurdin (kedua dari kanan), dan PT Rocca Karya Indonesia Ahmad Zacky Badrudin (paling kanan) dalam konferensi pers Triathlon Series & Road to 7th Annual Sungailiat Triathlon 2019 and Indonesia Triathlon Series (ITS) di Jakarta, Selasa (26-3-2019). (ANTARA/Zubi Mahrofi)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 600 peserta dari 20 negara ditargetkan ikut Sungailiat Triathlon di Pulau Bangka, 15 Juni mendatang.

"Pada tahun 2018 sekitar 500 peserta dari 18 negara ikut Sungailiat Triathlon. Pada tahun ini ditargetkan meningkat menjadi 600 peserta dari 20 negara,"  kata CEO PT Pantai Timur Sungailiat Thomas Jusman selaku pengelola Sungailiat Triathlon di Jakarta, Selasa malam.

Thomas Jusman mengharapkan penyelenggaraan Triathlon di Pulau Bangka dapat meningkatkan aktivitas ekonomi dan pariwisata sehingga memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar.

"Persiapan Sungailiat Triathlon sudah mencapai sekitar 40-50 persen," katanya.

Penyelenggaraan Sungailiat Triathlon kali ini, menurut dia, terjadi pergeseran waktu dari biasanya yang selalu diselenggarakan pada bulan April karena ada agenda pemilihan umum, sementara pada bulan Mei bertepatan bulan puasa.

Thomas Jusman berharfap pergeseran waktu itu tidak mengurangi animo peserta untuk mengikuti ajang Sungailiat Triathlon.

Ia menyampaikan Sungailiat Triathlon 2019 akan memberikan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya. Para peserta akan melewati berbagai objek wisata unggulan, seperti Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung dan Pantai Air Anyir, serta Pantai Teluk Uber sebagai rutenya.

Ia menambahkan bahwa para triathlete juga diarahkan untuk melewati wilayah-wilayah yang akan dibangun menjadi agrotourism yang merupakan bagian dari konsep Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang sedang difokuskan untuk 5 tahun ke depan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka.

Menurut dia, potensi pesona alam yang dimiliki oleh Pulau Bangka memiliki tempat khusus di hati para triathlete. Namun, tetap dibutuhkan inovasi baru demi menjaga antusiasme dari para triathlete.

"Panjang pantai sekitar 9 kilometer dengan latar belakang bebatuan sehingga memiliki pemandangan yang eksotis. Ada kawasan agrowisata dan budayanya juga nantinya," paparnya.

Ajang Sungailiat Triathlon itu dibagi dalam tiga kategori, yakni jarak panjang (long distance) di mana peserta akan berenang sejauh 1,9 km, mengayuh sepeda sejauh 90 km, dan berlari sepanjang 21 km.

Untuk kategori jarak menengah (standar), peserta akan menempuh 1,5 km untuk renang, sepeda 40 km, dan lari sepanjang 10 km.

Ia menyebutkan kategori jarak pendek (sprint) terdiri atas 750 meter untuk renang, sepeda 20 km, dan lari sepanjang 5 km.

Dalam kesempatan tersebut, COO PT Rocca Karya Indonesia Zacky Badrudin selaku promotor ajang itu menyampaikan bahwa dalam Sungailiat Triathlon ini akan diberlakukan sistem poin, yang akan menjadi penentu peringkat bagi para triathlete.

"Itu akan menjadi bentuk kebanggaan dalam pencapain pribadi peserta dalam menggeluti dunia triathlon sesuai dengan kategori umur yang diikuti," ujarnya.

Bagi yang berminat mengikuti ajang itu, calon peserta dapat mendaftar melalui website https://register.regnowonline.com.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar