Jakarta (ANTARA) - Dua gol tercipta untuk tim nasional Norwegia dan Swedia pada masa injury time laga kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup F yang berakhir dengan skor imbang 3-3 di Stadion Ullevaal, Oslo, Norwegia, Rabu pagi WIB.

Tim tamu hampir saja memetik tiga poin penuh setelah berhasil bangkit dari ketertinggalan dua gol dan berbalik unggul 3-2 lewat gol Robin Quasion pada menit pertama masa injury time.

Akan tetapi pemain pengganti Ola Kamara memaksa kedua tim berbagi satu poin saja, saat sundulannya pada menit ketujuh masa injury time membuat skor berakhir imbang 3-3, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu membuat Swedia tetap berada di urutan kedua Grup F dengan koleksi empat poin, sedangkan Norwegia (1) meninggalkan dasar klasemen.

Tuan rumah lebih dulu membuka keunggulan melalui sontekan jarak dekat Bjorn Johnsen memanfaatkan kegagalan barisan pertahanan Swedia mengantisipasi umpan silang Omar Elabdellaoui pada menit ke-41, meski sejak tendangan mula berada di bawah tekanan Swedia.

Keunggulan itu digandakan pada menit ke-59 ketika penyerang Bournemouth, Joshua King, menanduk umpan silang kiriman Markus Henriksen demi menaklukkan kiper Robin Olsen.

Swedia akhirnya memperoleh peluang emas untuk mengejar ketertinggalan ketika Viktor Claesson dijatuhkan di dalam area terlarang oleh Kristoffer Ajer pada menit ke-68.

Andreas Granqvist yang menjadi algojo gagal melakukan tugasnya dengan baik dan tembakan penaltinya mampu ditebak oleh kiper Rune Jarstein, sayangnya bola memantul ke ruang tembak Claesson yang tanpa cela menyarangkannya ke dalm gawang pada menit ke-70.

Jibaku Swedia untuk menyamakan kedudukan membuahkan hasil pada menit ke-86 ketika umpan tarik Claesson disambut sepakan Quaison. Bola sempat membentur keras badan bek Norwegia Havard Nordtveit sebelum mengecoh Jarstein, sehingga gol dianggap sebagai gol bunuh diri.

Quasion melengkapi momentum kebangkitan Swedia dengan sentuhan menggunakan pinggulnya untuk membelokkan bola umpan silang kiriman Claesson demi membawa tim tamu unggul 3-2 pada menit ke-91.

Sayangnya, dua dari tiga poin yang sepertinya sudah berada di dalam genggaman Swedia menggelincir karena gol penyama kedudukan Kamara pada menit ke-97.

Susunan pemain:

Norwegia (4-4-2): Rune Jarstein; Omar Elabdellaoui, Havard Nordtveit, Haitam Aleesami, Kristoffer Ajer; Martin Odegaard, Ole Selnaes, Markus Henriksen, Mohamed Elyounoussi (Ola Kamara); Bjorn Johnsen (Alexander Sorloth), Joshua King
Pelatih: Lars Lagerback

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Emil Krafth, Filip Helander, Andreas Granqvist, Ludwig Augustinsson; Sebastian Larsson (Alexander Isak), Kristoffer Olsson (Sebastian Andersson), Albin Ekdal (Gustav Svensson), Viktor Claesson; Marcus Berg, Robin Quaison
Pelatih: Jan Olof Andersson

Baca juga: Perancis hancurkan Islandia 4-0 saat Serbia imbangi Portugal 1-1

Baca juga: Inggris lumat Montenegro 5-1


Baca juga: Southgate pastikan Inggris laporkan pelecehan rasis fans Montenegro

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019