Jakarta (ANTARA) - Italia pesta enam gol ke gawang tim liliput Liechtentein dan Spanyol menang 2-0 atas lawannya yang juga tim lemah di Eropa, Malta.

Tiga pertandingan berlangsung seri dan menyajikan pertarungan sengit yang menarik ketika tuan rumah Bosnia Herzegovina bermain 2-2 lawan Yunani setelah pincang ditinggalkan seorang pemainnya yang terkena kartu merah.

Norwegia dan Swedia juga menyajikan pertandingan heroik antar-Skandinavia yang berkesudahan 3-3. Demikian juga dengan Denmark yang juga negara Skandinavia yang dengan cemerlang menciptakan tiga gol dalam enam terakhir pertandingan sehingga menggagalkan peluang tiga angka Swiss yang sudah unggul 3-0 sampai menit ke-84.

Berikut hasil pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 yang berlangsung sepanjang Selasa malam dan Rabu dini hari WIB, dikutip dari laman ESPN (tuan rumah disebut pertama):

Armenia 0 - Finlandia 2

Finlandia mencetak gol dari Fredrik Jensen dan Pyry Soiri masing-masing pada menit ke-14 dan ke-78.


Italia 6 - Liechtenstein 0

Italia menciptakan enam gol ke gawang tim liliput LIechtenstein lewat Stefano Sensi, Marco Verrati, Fabio Quagliarella yang menciptakan dua gol dari tendangan penalti, Moise Kean dan Leonardo Pavoletti.


Bosnia Herzegovina 2 - Yunani 2

Konstantinos Fortuounis dan Dimitrios Kolovos membalikkan keadaan menjadi seri setelah Bosnia unggul 2-0 sampai menit ke-64. Penalti Fortounis menjadi awal gagalnya tuan rumah memetik tiga angka tak lama setelah Miralem Pjanic diusir ke luar lapangan. Pjanic sendiri menciptakan gol pada menit 15, menggadakan gol pembuka yang dilesakkan Edin Visca lima menit sebelumnya.


Malta 0 - Spanyol 2

Alvaro Morata menciptakan dua gol untuk Spanyol yang bertandang ke lawannya yang merupakan salah satu negara terlemah dalam kancah sepak bola Eropa, Malta.


Norwegia 3 - Swedia 3

Ola Kamara menjadi penyelamat tuan rumah Norwegia setelah menciptakan gol penyama kedudukan pada menit 90+6. Norwegia sempat unggul 2-0 sampai menit ke 69 berkat gol Bjorn Johnsen dan Joshua King. Swedia mengecilkan kedudukan pada menit 70 lewat Viktor Claesson dan berbalik unggul berkat dua gol Robin Quaison pada menit 86 dan 90+1.

Baca juga: Morata antar kemenangan 2-0 Spanyol atas Malta

Baca juga: Dua gol tercipta di akhir laga, Norwegia imbangi Swedia 3-3


Irlandia 1- Georgia 0

Republik Irlandia menjamu Georgia dengan satu gol semata wayang Conor Hourihane yang sudah cukup mengantarkan tuan rumah memetik tiga angka.


Rumania 4 - Kepulauan Faroe 1

Rumania terlalu perkasa untuk tamunya yang merupakan salah satu tim lemah Eropa. Ciprian Deac menciptakan gol pembuka pada menit 26 yang dilipatgandakan oleh dua gol Claudiu Kaseru pada menit 29 dan 32. Viljormur Davidsen sempat mempersembahkan gol untuk Kepulauan Faroe lima menit sebelum babak pertama usai dari tendangan penalti. George Puscas menyempurnakan kemenangan tuan rumah pada menit 63.


Swiss 3 - Denmark 3

Pertandingan seru lainnya terjadi di Swiss ketika keunggulan 3-0 tuan rumah sampai menit 76 secara brilian disamakan Denmark oleh tiga gol yang diciptakan dalam kurun 9 menit terakhir pertandingan.

Swiss sepertinya yakin akan menang setelah Remo Freuler, Granit Xhaka dan Breel Embolo membawa mereka unggul sampai menit ke-84 ketika Mathias Jorgensen mengawali kebangkitan Denmark yang disusul dua gol lainnya dari Christian Gytkjaer dan Henrik Dalsgaard.

Baca juga: Perancis hancurkan Islandia 4-0 saat Serbia imbangi Portugal 1-1

Baca juga: Inggris lumat Montenegro 5-1


Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019