Jayapura (ANTARA) - Warga Kampung Yuwainda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu mengaku bangga dengan TNI yang telah membangun rumah lewat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 TA 2019.

"Terima kasih TNI, terima kasih pak Dandim 1701/Jayapura, Pak Danrem 172/PWY dan Pangdam XVII/Cenderawasih," kata Yulita Posebo, salah satu dari 13 warga Kampung Yuwainda yang menerima rumah dari program TMMD.

Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya rumah dari program TMMD, sehingga tidak lagi menumpang di rumah keluarga yang ada di Kampung Yuwainda.

"Sebelumnya saya tinggal disini dengan keluarga. Saya salah satu guru di sekolah dasar yang ada di Waris dan saya senang sekali karena dikasih rumah oleh TNI lewat TMMD 2019," kata Yulita.

Secara terpisah, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan usai upacara penutupan program TMMD 2019 yang dilaksanakan oleh Kodim 1701/Jayapura mengatakan program tersebut secara keseluruhan sudah berhasil 100 persen baik sasaran fisik maupun sasaran non fisik dan sudah diserahkan kepada Pemkab Keerom untuk proses administrasi.

"Saya berharap dengan pembangunan sasaran fisik ini dapat dijaga dan dipelihara oleh masyarakat karena pembangunan ini merupakan perhatian dari pemerintah untuk rakyat," katanya.

Sasaran fisik pembangunan TMMD di antaranya pembangunan 10 unit rumah permanen tipe 36 dan sasaran tambahan pembangunan rumah semi permanen 3 unit, pembangunan gapura masuk Kampung Yuwainda, perbaikan plafon, pengecatan dan pengadaan meja kursi sekolah sebanyak 51 unit.

Selain sasaran fisik yang di bangun, Kodim 1701/Jayapura melaksanakan pula kegiatan sasaran non fisik yaitu penyuluhan kepada masyarakat diantaranya penyuluhan bela negara, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian, dan penyuluhan KB yang diselenggarakan dan bekerjasama dengan instansi terkait dari Kabupaten Keroom.

Diakhir upacara penutupan TMMD ke 104, juga dilaksanakan pengobatan massal, bakti sosial berupa pembagian sembako oleh Ketua Persit KCK Koorcab Korem 172/PWY Ny Dewi Binsar Sianipar, dan pembagian 13 kunci rumah kepada masyarakat yang menempatinya yang di serahkan langsung oleh Kasdam XVII/Cenderawasih beserta para pejabat TNI Polri dan Pemkab Keerom.

Dalam upacara penutupan TMMD ke 104 di laksanakan di halaman sekolah SD Fransiskus Asisi YPPK Pulboa Waris, dihadiri oleh sejumlah pejabat TNI Polri dan pemerintah daerah Keerom diantaranya Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Nurri Adrianis Djatmika, Danrem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar, Sekda Kab. Keroom Drs. Blasius Waluyo Sejati, M.M, Dandim 1701/JPR Letkol Inf Johanis Parinusa, Kapolres Keerom AKBP Muji Windi Harto, S. IK., SH dan Para Dansatgas Kolaops Rem 172/PWY serta unsur pemerintah daerah lainnya.
 


 

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019