Jokowi tiba di Mamuju kenakan kemeja putih awali kampanye

Jokowi tiba di Mamuju kenakan kemeja putih awali kampanye

Capres petahana Joko Widodo menyapa warga yang menyambutnya antusias di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) (Foto: Hanni Sofia)

Dengan adanya Bendungan Kalukku, diharapkan para petani bisa panen sebanyak tiga kali dalam setahun, kata Erick Tohir
Mamuju (ANTARA) - Calon presiden petahana Joko Widodo tiba di Mamuju dengan mengenakan kemeja putih yang menjadi ciri khasnya untuk memulai kampanye di wilayah itu.

Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) tiba di Bandara Tampa Padang Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis, sekitar pukul 13.30 WITA, didampingi oleh sang istri Iriana Joko Widodo yang juga mengenakan pakaian putih senada.

Saat tiba di bandara, Jokowi langsung disambut oleh warga setempat yang telah menantinya. Jokowi sempat melayani permintaan warga yang menantinya untuk bersalaman bahkan berfoto bersama. Jokowi juga sempat menggunakan ponsel seorang warga kemudian melakukan swafoto dengan pemilik ponsel tersebut.

Sepanjang jalan menuju lokasi acara banyak warga yang berdiri di sisi jalan menyambut kedatangan Jokowi. Capres 01 ini beberapa kali berhenti untuk menyapa warga yang antusias menyambutnya.

Jokowi baru saja rampung berkampanye di Balikpapan, Kalimantan Timur, kemudian melanjutkan kampanye di Mamuju, Sulawesi Barat, yang akan berkampanye
menyoroti pentingnya infrastruktur untuk percepatan ekonomi.

Salah satunya adalah Bendungan Kalukku yang saat ini sedang dalam proses konstruksi. Bendungan ini diharapkan akan bisa mengairi 3.500 hektare lahan pertanian padi di Mamuju.

“Dengan adanya Bendungan Kalukku, diharapkan para petani bisa panen sebanyak tiga kali dalam setahun,” kata Erick Tohir, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo–Maruf Amin.

Erick Tohir menambahkan, Jokowi juga akan fokus pada pertanian yang diwujudkan dalam bentuk program Asuransi Usaha Tani, sehingga para petani di Mamuju akan semakin maju.

“Masyarakat juga bisa memanfaatkan Bendungan Kalukku untuk budi daya ikan yang dapat menjadi sumber protein rakyat,” kata Erick.

Bahkan ia menambahkan, bendungan juga bisa dikembangkan menjadi obyek wisata. “Pengembangannya dapat menggunakan Dana Desa, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” lanjut Erick.

Infrastruktur lain yang dikembangkan adalah sarana transportasi alternatif dari Sulawesi Selatan menuju Sulawesi Barat, salah satunya dengan pembukaan rute bus Damri dari Kabupaten Bulukumba ke Kabupaten Pasangkayu yang melintasi sejumlah kota, termasuk Mamuju.

“Komitmen serius juga ditunjukkan Pak Jokowi dengan membangun dan memperbaiki jalan Lintas Barat Sulawesi yang menghubungkan Makassar, Polewali Mandar, Majene, Mamuju, hingga Palu,” ungkap Erick.

Ia menjelaskan, pembangunan jalan ini akan membuka akses perekonomian Trans Sulawesi di Mamuju. Ditambah lagi dengan adanya Pelabuhan Mamuju yang sudah selesai dibangun, maka perputaran logistik dari dan menuju Mamuju akan semakin mudah.

“Ongkos transportasi menjadi lebih murah dan pengiriman barang lebih efisien,” tambahnya.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Usai kampanye, pasukan onthel punguti sampah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar