Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan Peringatan Hari Air se-Dunia tingkat kabupaten ini dapat memberikan penyadaran bagi masyarakat untuk pengelolaan air yang berkelanjutan.

"Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya penyadaran untuk pengelolaan air yang berkelanjutan, dan pentingnya konservasi air," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul Ari Budi Nugroho disela peringatan Hari Air se-Dunia di Desa Sriharjo Bantul, Kamis.

Peringatan Hari Air se-Dunia yang diselenggarakan Pemkab bekerja sama dengan Kodim Bantul dengan tema "Leaving No One Behind" ini sebagai upaya untuk mempromosikan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga sumber air bagi kehidupan.

"Serta sebagai upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang permasalahan dan solusi dalam penyediaan air bagi kehidupan," katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono mengatakan, konsep pembangunan berwawasan lingkungan menjadi hal mutlak yang harus diakomodir dalam perencanaan pembangunan.

Ia mengatakan, sebab pembangunan berwawasan lingkungan akan membawa kesejahteraan bagi umat manusia karena mampu menciptakan keseimbangan di dua sisi, yakni keberlanjutan pembangunan dan terjaganya kelestarian alam dan lingkungan hidup.

"Ini adalah hari untuk membuat komitmen bersama untuk dapat memenuhi kebutuhan air bagi seluruh masyarakat di dunia. Sesuai dengan temanya, maka semua orang berhak mendapatkan air bersih, jangan sampai ada yang tertinggal," katanya.

Bupati mengatakan, Peringatan Hari Air se-Dunia ini hendaknya membangkitkan kesadaran semua pihak agar senantiasa menyadari arti pentingnya menjaga dan melestarikan sumber air yang ada.

Selain itu, melalui peringatan ini juga untuk menegaskan kembali bahwa pemecahan masalah terkait air tidak hanya diselesaikan melalui pembangunan infrastruktur oleh pemerintah, seperti pembangunan bendungan, irigasi, instalasi pengelolaan air limbah, sistem penyediaan air minum.

"Kepada seluruh masyarakat Bantul, marilah kita bekerja sama dan melakukan karya nyata agar bumi ini bersih dan hijau sehingga lingkungan lestari dan ketersediaan air selalu terjamin," katanya.

Baca juga: Pemerintah dorong konservasi air

Baca juga: Pengamat ingatkan konservasi air selamatkan Sulsel dari bencana

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019