Jakarta (ANTARA) - Segudang pengalaman tidak jarang merupakan oase dari kebijaksanaan. Ini ditunjukkan oleh mantan kapten Barcelona Carles Puyol yang memuji Gerard Pique sebagai bek terbaik di dunia.

Puyol yang sekarang berusia 40 tahun, menyatakan pensiun pada 2014. Ia memperkuat tim raksasa Catalan itu dalam 593 pertandingan dan membukukan 100 caps bersama timnas Spanyol.

"Saya nyatakan tanpa keraguan sedikit pun, Gerard Pique bek tengah terbaik di dunia," kata Puyol kepada Marca.

"Ia bek tengah terbaik di dunia, bahkan lebih baik dibandingkan dengan saya, meski tentu saja kami punya perbedaan satu sama lain."

"Ia berperan teramat penting bagi Barcelona. Ia tidak hanya memiliki keterampilan teknik, tetapi mempunyai kemampuan dalam kepemimpinan. Ia pemain fenomenal dan tentu saja sahabat saya."

"Ernesto Valverde di Barcelona? Ia sosok yang tepat, yang memang diperlukan oleh klub, dan sejauh ini ia telah melakukan tugasnya dengan fantastis," katanya.

"Luis Enrique di timnas Spanyol? Mereka sangat beruntung punya pelatih yang memiliki segudang talenta. Siapa pun orangnya, kita dapat belajar dari dia," kata Puyol sebagaimana dikutip dari laman football espana.

Apa yang dikatakan Puyol seiring dan seirama dengan petuah Latin "Experentia docet sapeintiam". Artinya, pengalaman mengajarkan kebijaksanaan.

Baca juga: Selain Barcelona, Puyol juga jagokan Juventus juarai Liga Champions

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019