Mogadishu (ANTARA) - Bom mobil meledak di dekat satu hotel dan restoran di Ibu Kota Somalia, Mogadsihu, pada Kamis, sehingga menewaskan sedikitnya 11 orang di area ramai yang pernah menjadi sasaran para gerilyawan garis keras, kata dinas penyelamatan.

Ledakan sore tersebut menimbulkan kepulan asap tebal dan menghancurkan dua restoran serta sejumlah mobil yang tengah parkir di dekatnya.

Wartawan Reuters mencatat enam korban tewas.

"Sejauh ini, 11 orang tewas dan 16 orang lainnya mengalami luka. Jumlah korban tewas kemungkinan bertambah," kata direktur dinas Amin Ambulance, Abdikadir Abdirahman kepada Reuters.

Polisi sebelumnya melaporkan bahwa delapan orang tewas.

"Ledakan itu menghancurkan satu restoran dan menewaskan banyak orang yang berada di dalam maupun di luar restoran. Kemungkinan jumlah korban tewas bertambah," kata polisi Mayor Mohamed Hussein kepada Reuters.

Tidak ada yang langsung mengaku bertanggung jawab atas peristiwa tersebut.

Gerilyawan Ash-Shabaab, yang terkait dengan Al Qaida, sebelumnya menargetkan lokasi yang sama -- Wehliya Hotel -- yang berada di sepanjang jalan yang ramai Maka al Mukaram.

Pada Sabtu, sebanyak 15 orang tewas dalam dua ledakan dan baku tembak antara gerilyawan Ash-Shabaab dengan personel keamanan di Mogadishu.

Ash-Shabaab, yang berupaya menggulingkan pemerintah pusat Somalia dukungan negara barat, diusir dari Mogadishu pada 2011 dari sebagian besar markasnya.

Namun Ash-Shabaab masih menjadi ancaman; para anggotanya kerap melancarkan aksi pengeboman di Somalia dan Kenya. Pasukan dari kedua negara tersebut merupakan bagian dari pasukan penjaga perdamaian yang diamanatkan oleh Uni Afrika untuk membantu mempertahankan pemerintah pusat.

Sumber: Reuters

Baca juga: Bom mobil di pusat perbelanjaan Somalia tewaskan dua orang
Baca juga: Tiga bom mobil tewaskan 23 orang di Ibu Kota Somalia
Baca juga: Bom mobil meledak di pangkalan militer Somalia

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019