Tenis

Hopman Cup tetap akan berlanjut, Perth tuan rumah ATP Cup

Hopman Cup tetap akan berlanjut,  Perth tuan rumah ATP Cup

Serena Williams dan Roger Federer (istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Perth telah terpilih sebagai kota ketiga yang menjadi tuan rumah ATP Cup perdana pada Januari 2020, mengisyaratkan turnamen internasional beregu ganda campuran Hopman Cup yang sudah diselenggarakan di Western Australia itu masih akan tetap berlanjut setelah 31 tahun terakhir penyelenggaraan.

Sydney dan Brisbane diumumkan sebagai kota lainnya yang akan menjadi penyelenggara ATP Cup pada Januari. Sydney menjadi tuan rumah putaran sistem gugur dan final.

“ATP Cup akan memulai musim kompetisi tenis global untuk putra,” kata CEO Tennis Australia Craig Tiley di Perth Arena, Kamis.

“Empat dari 12 pemain putra teratas, dan delapan dari 24 teratas, akan bermain di Perth, dengan 24 tim bertanding di tiga kota,  yakni Perth, Brisbane dan Sydney.”

ATP Cup akan memberi 750 poin ranking dan hadiah uang 15 juta dolar AS untuk diperebutkan.

Even tersebut tidak memberi ruang dalam kalender tenis yang sudah dirombak bagi Hopman Cup, yang populer dengan para pemainnya dan sudah menjadi tradisi sebagai pemanasan Australian Open, Grand Slam pertama setiap tahun.

Paul McNamee, pendiri Hopman Cup dan empat kali juara ganda Grand Slam, mengatakan ia tidak tahu apakah turnamen tersebut akan dipindah ke kota lain.

“Perasaan spontan saya sedih bahwa (turnamen) ini tidak akan di sana lagi dan khawatir tentang dimana Hopman Cup di masa depan,” katanya kepada ABC News sebagaimana dikutip Reuters.

International Tennis Federation (ITF) yang menyelenggarakan Hopman Cup mengatakan organisasi tersebut berkomitmen untuk melanjutkan dan tetap menggelar even itu. Saat ini sudah mulai mencari mitra baru untuk turnamen tersebut.

“ITF berkomitmen untuk menjunjung nilai inti dari Hopman Cup di masa depan dan didorong oleh minat yang telah ditunjukkan,” kata Presiden ITF David Haggerty dalam sebuah pernyataan.

“Kami sedang dalam diskusi dengan mitra potensial untuk memutuskan di mana dan kapan turnamen ini akan diselenggarakan selanjutnya. Kami akan membuat Piala Hopman tetap hidup dan menantikan edisi mendatang yang sukses dari acara unik ini. "

Even tahun ini menampilkan Roger Federer menghadapi Serena Williams ketika Swiss mengalahkan Amerika Serikat.

McNamee mengatakan menonton dua nama terbesar dalam cabang olahraga itu adalah perpisahan yang pas.

"Jika ada pertanda, untuk mengatakan, sampai jumpa Piala Hopman, itu adalah fakta bahwa mungkin dua pemain terbesar dalam sejarah olahraga ini, Roger Federer dan Serena Williams, memasuki lapangan di Perth Arena dan saling berhadapan, "katanya.
 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Puluhan rumah hancur akibat kebakaran hutan di Australia Barat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar