Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden(Wapres),  Jusuf Kalla mengajak bangsa Indonesia memajukan perfilman tanah air saat menghadiri acara puncak Perayaan Hari Film Nasional (HPN).

"Kita mengharapkan adanya kemajuan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Sekali lagi dengan harapan kepada masa depan, karena film juga merupakan suatu bisnis yang besar," katanya dalam sambutannya di Gedung A, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta pada Jumat.

Menurut Wapres, Perfilman Indonesia diharapkan terus meningkatkan inovasi dan kreativitas.

Wapres mengatakan perfilman memiliki beberapa fungsi yakni  hiburan, pendidikan, maupun pertumbuhan bisnis.

Dengan perkembangan perfilman Indonesia, akan banyak mendongkrak lahan pekerjaan yang terkait di sektor perfilman, baik industri sinema, kuliner, serta profesi aktor maupun aktris dan pendukung pembuatan film.

Dia yakin film Indonesia terus mengalami peningkatan kualitas.

"Kita tentu belum setara dengan negara seperti Hollywood atau Bollywood di India. Tapi tentu kita mengarah kepada kemampuan-kemampuan seperti itu," ujar Wapres.
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri acara puncak Perayaan Hari Film Nasional (HPN) di Kemendikbud, Jakarta pada Jumat (29/3/2019). (Bayu Prasetyo)

Dalam acara itu Wapres juga menyerahkan apresiasi kesetiaan dan sertifikat kompetensi kepada sejumlah orang yang dianggap memiliki prestasi atas industri perfilman.

Ada 10 orang penerima apresiasi kesetiaan dan dua orang menerima sertifikat kompetensi industri perfilman.

 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Alex Sariwating
Copyright © ANTARA 2019