SAR temukan jenazah korban longsor Gunung Kapur Sadeng Jember

SAR temukan jenazah korban longsor Gunung Kapur Sadeng Jember

Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban Sucipto yang tertimbun longsor di kawasan pertambangan Mn di Gunung Kapur Sadeng, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jumat (29/3) sore. (Foto BPBD Jember)

Jember (ANTARA) - Tim SAR gabungan menemukan jenazah korban longsor di kawasan pertambangan mangaan (Mn) dan batu kapur di Gunung Kapur Sadeng Kabupaten Jember, Jawa Timur, sehingga operasi SAR secara resmi dinyatakan ditutup pada Jumat sore.

"Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan posisinya berada di sebelah timur dari reruntuhan longsor di kawasan Gunung Sadeng itu," kata Komandan Tim (Dantim) Operasi SAR dari Basarnas Jember Prahista Dian Yudi yang berada di Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember.

Gunung Sadeng merupakan kawasan pegunungan yang menjadi lokasi penambangan Mn dan batu kapur di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember tersebut longsor pada Senin (25/3) pagi, sehingga menyebabkan seorang pekerja tambang PT Cahaya Putra bernama Sucipto (45) tertimbun longsor dan dua pekerja lainnya mengalami luka-luka.

Saat ditemukan jenazah korban, bagian tubuhnya tidak lengkap dan tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian bagian tubuh yang belum ditemukan hingga sore hari, namun berdasarkan kesepakatan tim SAR dan pihak keluarga korban, maka operasi SAR resmi ditutup.

Sementara Kapolsek Puger AKP Sudariyanto mengatakan korban baru ditemukan setelah lima hari dilakukan pencarian oleh tim SAR gabungan, bahkan sejumlah alat berat dan dua anjing pelacak K-9 Polda Jatim juga diturunkan untuk membantu pencarian korban longsor di Gunung Sadeng tersebut.

"Pencarian korban membutuhkan waktu yang lama karena kondisi medan yang berat seperti ketebalan longsor dari tebing. Upaya maksimal dilakukan oleh tim SAR gabungan untuk menemukan korban," katanya.

Ia menjelaskan lokasi tambang Mn tersebut untuk sementara ditutup dan tidak boleh ada aktivitas demi keamanan sambil menunggu kedatangan tim ahli geologi yang akan mengkaji apakah tambang tersebut masih layak digunakan atau tidak.

Baca juga: SAR cari korban tertimbun longsor Gunung Kapur Jember

Baca juga: Anjing pelacak diterjunkan cari korban longsor Gunung Kapur Jember

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tim SAR cari korban longsor Gunung Kapur Puger Wetan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar