Jakarta (ANTARA) - Pegolf wakil Asia dari China Haotong Li mengaku dirinya beruntung bisa lolos ke putaran 16 besar World Golf Championships-Dell Technologies Match Play berhadiah total 10,25 juta dolar AS di Texas, AS, Jumat waktu setempat atau Sabtu WIB.

Pegolf berusia 23 tahun itu pada babak sebelumnya mengalahkan Alex Noren dan Brooks Koepka di dua pertandingan pertama Group 3 di Austin Country Club, namun pada pertandingan berikutnya putaran ketiga kalah tipis 1-up dari pegolf Inggris Tom Lewis setelah gagal memasukkan bola ke lubang ke-18 lewat pukulan birdie putt dari jarak sembilan kaki. Padahal kalau berhasil bisa langsung masuk babak sistem gugur, seperti dilansir situs PGA Tour.

Dengan hasil kemenangan Noren dari Koepka untuk kemenangan keduanya di grup, berarti pegolf Swedia Noren dan Li harus saling berhadapan dalam playoff sudden-deat. Pegolf muda asal China itu akhirnya memenangi playoff setelah sukses mencetak birdie putt dari jarak tiga kaki di lubang tambahan petama untuk memastikan dia menjadi pegolf Asia sendirian yang masih bercokol di turnamen itu.

"hari keseluruhan seperti roller coaster," kata Li.

"saya tidak bermain solid, pukulan saya agak buruk dan saya pikir itu penyebabnya, dan di permainan lubang terakhir ke-18 saya bermain cukup tegang dan pukulan bola saya agak melemah dan itu tidak cukup baik, tangan saya berat dan saya merasa apakah ini akan terjadi dan akhirnya itu terjadi, selanjutnya saya akan berusaha bermain baik," tambahnya.

Pada pertandingan berikutnya sistem gugur, Li akan bertemu runner-up tahun lalu Kevin Kisner yang menyingkirkan Ian Poulter di pertandingan playoff lainnya.

"Jujur saya beruntung (di playoff), pukulan saya agak lamban dan terlihat mental, saya 'berterimakasih kepada Tuhan', saya berterimakasih kepada semuanya," kata Li yang tahun lalu dalam debutnya mengalami kekalahan di tiga pertandingan grup.

Dengan masuk ke babak sistem gugur 16 besar melawan Kisneer pada Sabtu, Li yang pernah dua kali menjuarai ajang European Tour dan berharap bisa masuk tim Presidents Cup International , tahu dirinya harus berjuang lebih keras lagi untuk bisa merebut dan memperpanjang kiprahnya di WGC-Dell Technologies Match Play.

"Saya merasa seperti tenaga saya sudah habis-habisan, saya butuh sesuatu, pulih dan melihat apa yang kami bisa lakukan besok, berharap saya bisa memenangi beberapa pertandingan lagi," katanya.

Pewrtandingan babak 16 besar pada Sabtu waktu setempat akan menampilkan; Marc Leishman (Australia) vs Louis Oosthuizen (Afsel), Haotong Li (China) vs Kevin Kisner (AS), Francesco Molinari (Italia) vs Paul Casey (Inggris), Kevin Na (AS) vs Justin Rose (Eng), Lucas Bjerregaard (Den) vs Henrik Stenson (Swe), Tiger Wood (USA) vs Rory McIlroy (NIR), Matt Kuchar (AS) vs Tyrrell Hatton (Inggris), Brandon Grace (Afsel) vs Sergio Garcia (Spanyol).

Baca juga: Sejumlah langkah diusulkan untuk kembangkan wisata golf
Baca juga: Mikko Ilonen mundur dari golf profesional

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019