... Ibu saya seorang Nasrani. Saya lahir dari rahim seorang Nasrani. Jadi saya dari umur 18 tahun mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan Pancasila, nyawa saya saya pertaruhkan untuk republik ini. Bagaimana kok saya dituduh akan mengubah Pancasila?
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor ururt 02, Prabowo Subianto, saat memberi tanggapan, menyinggung tuduhan-tuduhan yang dilontarkan sebagian pendukung dari calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo, kepada dia. Hal yang dia bahas terkait dengan khilafah.

"Saya juga ingin bertanya, apa Pak Jokowi mengerti di antara pendukung Pak Jokowi ada yg melontarkan tuduhan-tuduhan tidak tepat kepada saya seolah-olah saya membela khilafah, seolah saya akan melawan tahlilan. Ini sangat tidak masuk akal," kata Prabowo, pada acara debat keempat calon presiden di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu malam.

Sebelumnya, Prabowo yakin dan percaya Jokowi seorang yang pacasilais, patriot, dan nasionalis. "Karena itu ketika Pak Jokowi dilantik (2014) saya datang dan beri hormat," ucap Prabowo.

Ia pun mempertanyakan bahwa dia dituduh akan mengubah ideologi Pancasila.

"Ibu saya seorang Nasrani. Saya lahir dari rahim seorang Nasrani. Jadi saya dari umur 18 tahun mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan Pancasila, nyawa saya saya pertaruhkan untuk republik ini. Bagaimana kok saya dituduh akan mengubah Pancasila? Sungguh kejam itu," kata Prabowo.

Ibu kandung dari Prabowo Subianto, Dora Sigar, adalah seorang Kristen Protestan. Namanya diabadikan menjadi nama salah satu ruangan penting di dalam Gedung Lembaga Alkitab Indonesia, di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, yang difasilitasi adik kandungnya, Hasjim Djojohadikusumo. 

Prabowo katakan, sejak dia berusia 18 tahun, dia sudah mempertaruhkan jiwanya untuk negara dan Pancasila. Pada usia itu, dia menjadi taruna Akademi Militer di Magelang, dan lulus pada 1974.

Paman kandung Prabowo, Letnan Subianto, gugur dalam Peristiwa Lengkong, di Tangerang (kini Banten) saat sejumlah taruna Akademi Militer Tangerang melawan tentara Jepang yang menolak menyerahkan senjatanya kepada TKR. 

KPU menggelar debat keempat calon presiden yang berkompetisi dalam Pemilu 2019.

Debat diikuti oleh calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Debat keempat ini mengambil tema ideologi, pertahanan dan keamanan, pemerintahan, dan hubungan internasional.***2***

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019