Jakarta (ANTARA) - Ashleigh Barty mengalahkan Karolina Pliskova 7-6(1), 6-3 pada final, Sabtu waktu setempat, untuk memperoleh gelar Miami Open perdananya dan menjadi petenis putri Australia pertama sejak 2013 yang mencapai 10 peringkat teratas dalam ranking dunia.

Setelah mendominasi tie-break set pertama, Barty mematahkan servis Pliskova pada gim pembuka set kedua yang berlangsung dalam 12 menit.

Sejak itu, petenis Ceko yang kelelahan setelah memenangi semifinal melawan Simona Halep yang berlangsung hingga pukul 01.00 dini hari Sabtu, akibat tertunda hujan, hanya memberi sedikit perlawanan.

Barty mengepalkan tangannya ketika Pliskova melepaskan pukulan forehand yang terlalu jauh pada match point sehingga memberi kemenangan terbesar sepanjang karir petenis berusia 22 tahun itu.

Barty mengatakan kunci dari pertandingan tersebut adalah memperpanjang reli di hari yang hangat di Florida selatan itu.
Baca juga: Barty ke final terbesar dalam karirnya di Miami

“Penting bagi saya untuk berusaha membuatnya menjadi fisikal,” kata Barty, petenis Australia pertama yang memenangi gelar nomor tunggal Miami Open, dalam wawancara di lapangan.

“Kaja mempunyai kemampuan untuk sunggung-sungguh memukulmu keluar dari lapangan dan merebutnya darimu maka saya tahu saya harus mengenakan sepatu lari saya hari ini untuk berusaha dan memukul bola sebanyak mungkin,” katanya seperti dikutip Reuters.

Barty melontarkan 15 as, sementara Pliskova hampir tidak berusaha mengembalikan beberapa di antaranya.

“Saya berusaha memaksimalkannya,” katanya tentang menghadapi lawan yang kelelahan itu.

“Anda tidak mendapat kesempatan ini setiap hari dan penting bagi saya untuk terus dan berusaha melakukan yang tepat dan menikmati momennya juga.”

Pliskova, yang akan naik ke peringkat empat dunia pada Senin besok, memuji lawannya.

“Saya membuatnya cepat karena saya sangat lelah dan ini adalah dua pekan yang panjang,” kata petenis berusia 27 tahun itu.

“Selamat untuk Ashleigh. Ia bermain luar biasa sepanjang pekan, semua pertandingan ketat dan khususnya hari ini saya kira dia datang dengan sejumlah permainan tenis yang bagus.

Kemenangan itu menutup pekan penuh kenangan bagi juara Wimbledon junior 2011, yang absen dari tenis pada 2014 untuk bermain kriket profesional bagi Brisbane Heat.

Barty, juara ganda putri AS Terbuka 2018, adalah putri Australia pertama sejak Samantha Stosur yang menembus 10 peringkat teratas WTA.
Baca juga: Pliskova bertemu Barty pada final Miami Open

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019